CINDY

PERANCANGAN INTERIOR SEKOLAH LUAR BIASA TUNARUNGU DAN TUNAGRAHITA DI JAKARTA

1501194923 – CINDY NATASHA

SOD INTERIOR – BINUS UNIVERSITY

Masih banyak sekolah luar biasa di Indonesia terutama di Jakarta yang kebutuhannya tidak memadai untuk anak-anak berkebutuhan khusus, sehingga sering sekali ditemukan anak-anak berkebutuhan khusus yang terpaksa sekolah di sekolah formal tanpa ada pembelajaran khusus sesuai dengan kebutuhannya. Penelitian ini di khusus kan untuk merancang sekolah luar biasa yang dapat memenuhi kebutuhan secara maksimal untuk anak-anak Tunarungu dan Tunagrahita secara segi fungsional dan segi desain yang diperumtukan untuk anak-anak tunarungu dan tunagrahita dapat agar terpenuhi kebutuhannya sekaligus sebagai upaya agar sekolah luar biasa ini dapat terpenuhi kelayakannya, dengan adanya studi observasi dan literatur yang dipakai dalam konsep perancangan ini diharapkan dapat memaksimalkan fasilitas sekolah luar biasa untuk mengoptimalkan sistem pembelajaran kebutuhan anak berkebutuhan khusus.