People Innovation Excellence

Meng-Eksplorasi Material SesuaiDesain

 

Berbagai jenis material dapat di gunakan untuk menghasilkan karya berbentuk 3 dimensi. Di antaranya ada yang berasal dari material daurulang seperti kertas, plastic dan besi. Dan ada juga yang berasal dari alam seperti kayu, rotan, bamboo dan sabut kelapa.

Material baik yang berasal dari daur ulang maupun dari alam memiliki kelebihan (strengths) dan kekurangan (limitations), kekeliruan dalam pengolahan nya dapat menegurangi keindahan bentuk yang dihasilkan. Dengan memahami dan mempelajari karakter fisik dari material dapat dihasilkan bentuk karya 3 dimensi yang menarik dan indah dilihat. Eksplorasi material merupakan salah satu metode pengenalan material yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan berbagai macam perlakukan terhadap material sehingga didapat bentuk dan karakter yang di inginkan.

Namun bentuk karya yang dihasilkan tidak selalu mengikuti karakter material. Eksplorasi material dapat juga memanipulasi karakter yang ada sesuai keinginan pembuat. Ini dapat dilihat dari jenis material bambu yang dapat di desain mengikuti karakter yang berbeda yaitu kokoh dan tegas serta fleksibel dan lembut

Material di kreasikan dengan menerapkan komposisi elemen desain dan prinsip desain dasar sehingga karya terlihat menarik dan memiliki nilai estetis. Seperti pada contoh eksplorasi material bamboo dan sabut kelapa dapat menghasilkan karya 3 dimensi yang menarik dan unik dengan menonjolkan kelebihan dari masing-masing material

Gate decoration with 350 plate


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close