People Innovation Excellence

Katana Chair

Studio Desain by Bintang Home /Edisi 354/ April 2017

Mahasiswa tingkat akhir Desain Interior Binus University, Noldy Wirawan, kali ini menyumbangkan pemikirannya atas rancangan kursi yang dimuat kolom Studio Desain dari Bintang Home. Selengkapnya anda dapat melihat artikel di dalam edisi 354 April 2017.

Disebut Katana Chair, karena kursi mengambil bentuk huruf kanji “katana“ dalam kanji Jepang. Katana merupakan salah satu senjata tradisional Jepang yang dipakai Samurai. Senjata itulah yang diambil Noldy Wirawan menjadi inspirasinya dalam mendesain kursi ini.

Dimensi

Dimensi sarana duduk yang dirancang menggunakan ergonomic kaki orang Jepang yang biasanya lebih pendek dari orang asia. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan pengguna. Noldy memberikan tingkat kemiringan pada backrest (30-40 derajat ke belakang dari titik 0 sandaran), sehingga kursi bisa digunakan untuk bersantai di ruangan.

Rancangannya dibuat dengan nyaman, sehingga mengakomodir penggunannya untuk beristirahat setelah beraktivitas. Material dan _ nishing kursi didesain sesuai karakter lokal yang ada di Jepang, seperti menggunakan material alam berupa kayu berwarna coklat muda. Tampilannya mengekspos serat kayu sebagai salah satu nilai estetik. Serat kayu akan terlihat di bagian armrest hingga ke konstruksi bagian luar. Untuk _ nishing hanya menggunakan clear polish atau pelapis kayu agar tahan lama dan anti air. Pada bagian sandaran dan alas duduk digunakan cushion berlapis fabric berwarna coklat.  Cushion digunakan agar lebih nyaman saat duduk bersantai. Pemilihan warna coklat mewakili warna yang kerap digunakan di Jepang. Hal ini dapat dilihat dari rumah tradisionalnya yang banyak menggunakan warna netral seperti coklat muda, coklat tua, putih dan hitam.

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close