People Innovation Excellence

Mempercantik Tampilan Dinding

Klinik Desain by Bintang Home /Edisi 353/ Maret 2017

Dosen Desain Interior Binus University, Yunida Sofiana, S.Sn., M.Ds. aktif menjadi kontributor kolom Klinik Desain dari Bintang Home. Selengkapnya anda dapat melihat artikel di dalam edisi 353 Maret 2017.

Untuk membuat dinding tampil menarik dan mempercantik rumah dapat dimulai dengan menentukan sisi dinding yang akan dijadikan pusat perhatian (focal point).

Pilih dinding yang paling terlihat dan memiliki area yang luas dari sisi sudut pandang penglihatan. Tentukan juga tema yang diterapkan di dalam ruang, agar tercipta suasana yang diinginkan. Ada banyak tema desain yang dapat diterapkan pada ruang. Misal tema elegan, klasik, minimalis, modern, retro, natural atau tema tertentu sesuai dengan keinginan penghuni. Berbagai macam teknik dan material dapat digunakan untuk menambah keindahan dinding. Pemilihan teknik dan material tersebut dapat mewakili tema-tema desain yang ingin diterapkan pada ruangan.

  1. Menggunakan cat (mural, pengecatan arti_ sial)

Mengolah dinding menggunakan teknik cat merupakan pilihan yang paling banyak diterapkan. Selain harga yang relatif lebih murah dan mudah dikerjakan, cat juga memiliki pilihan warna yang beragam, sehingga dapat dibuat kombinasi warna, pola, dan motif geometris. Teknik lain yang dapat diterapkan dengan menggunakan cat yaitu mural dan pengecatan arti_ sial. Mural (melukis di dinding) saat ini banyak diterapkan tidak hanya pada interior kafe dan restoran. Tetapi juga pada rumah dengan mengambar di salah satu bagian dinding dengan tulisan tipogra_ , gambar pemandangan atau karakter komik. Anak-anak juga dapat berkreasi dengan Mempercantik Tampilan Dinding melukis kamar tidur  dengan gambar mereka sendiri.

Untuk pengecatan arti_ sial atau yang di kenal dengan istilah faux painting adalah pengecatan dengan teknik tertentu yang menghasilkan tekstur tiruan, efek campuran warna atau warna gradasi (dari terang ke gelap). Penerapannya dapat menggunakan peralatan seperti kain, sikat ataupun kuas. Namun banyak juga peralatan faux painting yang sudah siap pakai di pasaran, sehingga pemakaiannya bisa semudah pemakaian cat langsung. Tekstur tiruan yang dihasilkan pengecatan arti_ sial ini dapat berupa motif serat kayu, serat kain atau motif batu marmer, granite, dan tembaga. Umumnya diaplikasi pada tema klasik, mediterania, dan art deco.

  1. Menggunakan wallpaper dan digital printing.

Wallpaper dan digital printing memiliki persamaan, keduanya merupakan gambar atau motif dari hasil  cetakan (printing). Perbedaannya, pada digital printing kita dapat memilih gambar dan ukuran yang diinginkan walapun tetap memiliki batasan ukuran. Wallpaper memiliki ukuran dan motif tertentu, sehingga motif yang dibuat berupa pengulangan bentuk. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan pada penerapannya.

Penerapan digital printing pada dinding dapat memberikan beragam tema ruang, karena perkembangan teknologi yang pesat. Hal ini memungkinkan untuk mendesain berbagai macam jenis motif, tekstur, dan gambar yang memiliki efek tiga dimensi. Gambar dapat dicetak dan disesuaikan dengan ukuran dinding. Demikian pula intensitas warnanya yang dapat diatur menyerupai aslinya. penggunaan wallpaper pada dinding juga memberikan tema ruang yang beragam dari tema alam, tema klasik, dan pop art. Saat ini, berbagai macam jenis wallpaper telah diproduksi beserta motif kainnya yang dapat digunakan sebagai kombinasi pada elemen interior. Misal padanan sofa dan bantal kursi, sehingga ruangan terkesan harmonis dengan tampilan warna dan motif yang senada.

  1. Penggunaan material kayu, bambu, batu bata.

Desain bangunan dengan tema modern, natural, dan tropis saat ini banyak yang menggunakan material-material yang berasal  dari alam seperti, kayu, bambu, dan batubatuan. Tema tersebut dapat juga diterapkan ke dalam interior ruang dengan menerapkan material alam ke dinding. Ruangan akan berkesan hangat dan nyaman. Ruang dengan warna netral atau senada (monochrom) akan tampil menarik apabila menggunakan material alam sebagai focal point sehingga ruangan tidak berkesan monoton. Ruang dengan warnawarna cerah akan tampil menarik apabila di kombinasikan dengan material alam tersebut.

Beberapa teknik tersebut dapat dikombinasikan sesuai dengan tema yang dipilih. Untuk dinding menggunakan teknik cat dapat dikombinasikan dengan material kayu, atau wallpaper dengan material kayu sebagai variasi. Selain itu, satu tema juga dapat diwujudkan dari beberapa teknik tergantung warna dan motif yang digunakan, agar rumah tampil menarik.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close