People Innovation Excellence

Sudut Kerja Nyaman dan Efisien

Klinik Desain by Bintang Home /Edisi 351/ Februari 2017

Dosen Desain Interior Binus University, Ika Rachmayanti S.Sn., M.T. aktif menjadi kontributor kolom Klinik Desain dari Bintang Home. Selengkapnya anda dapat melihat artikel di dalam edisi 351 Februari 2017.

Pemanfaatan area dan efisiensi ruang tempat tinggal menjadi hal penting dalam pengaturan interior, terutama pada lahan yang terbatas. Demikian pula dalam merancang ruang kerja di rumah. Area ini selain sebagai tempat melanjutkan pekerjaan kantor, juga berfungsi sebagai kantor bagi pekerja rumahan, home office owner atau bisnis rumahan. Dengan demikian, untuk mengutamakan kenyamanan dan efisiensi ruang, sehingga dapat bekerja secara optimal. 

Nyaman dan Efi sien Area kerja bukan hanya berarti ruang terpisah yang khusus didedikasikan untuk bekerja saja. namun dapat juga berupa sudut ruang tertentu yang nyaman digunakan. Sudut kerja ini bebas ditempatkan dimana saja sesuai kenyamanan penggunanya, baik ditempatkan pada kamar tidur, ruang keluarga maupun ruang makan. Sudut kerja dapat berupa area yang terbuka atau tertutup dengan pintu yang dapat ditutup sehingga tampak rapi jika tidak digunakan.

Pengaturan perabotan pada area terbuka menyatukan ruang secara keseluruhan dan tampak luas tanpa sekat pemisah antar area dengan fungsi yang berbeda. Salah satu cara untuk menciptakan kesatuan ruang dengan fungsi yang berbeda adalah pemilihan jenis perabotan yang sederhana dan warna-warna monokromatik yang netral seperti putih, abu-abu atau warna kayu muda, sehingga tidak tampak menonjol dan menyatu dengan pelengkap

dekorasi lainnya. Pilihlah warna aksen untuk aksesori yang bersifat dekoratif dan warna hijau dengan tumbuhan dalam pot untuk member kesan hidup. Area kerja yang tersembunyi dalam bentuk lemari dapat dibuka dan ditutup dengan mudah memberikan kesan rapi dalam sekejap dengan hanya menutup pintu. Jika memiliki ruang lebih, pengaturan area seperti ini dapat dicoba, bahkan dapat juga dibuat menyatu dengan lemari pakaian ataupun fungsi penyimpanan lainnya, sehingga secara keseluruhan tampak rapi dan compact

Berikut beberapa tip untuk menciptakan sudut kerja yang nyaman namun juga e_ sien :

  1. Pemilihan furnitur yang fungsional dan efisien dapat menciptakan area yang bebas clutter sehingga mendukung suasana kerja yang nyaman dan luas. Pilih furniture sesuai aktivitas pekerjaannya dan berpikir kreatif untuk menciptakan furniture multifungsi yang dapat memberikan ruang penyimpanan tambahan untuk meletakkan barang kebutuhan penunjang aktivitas. Contoh : lemari penyimpanan yang selain digunakan untuk menyimpan barang juga dapat digunakan untuk meletakkan printer, scanner atau perangkat elektronik lainnya sehingga terlihat rapi.
  2. Memanfaatkan dinding di dekitar meja kerja untuk meletakkan pernak pernik to-do list maupun rak-rak penyimpanan dengan menggunakan bracket system yang banyak dijual di toko perlengkapan interior.
  3. Jangan lupakan keberadaan elemenelemen dekoratif seperti tanaman dalam pot yang dapat memberikan kesan ruang yang hidup, frame-frame foto maupun lampu kerja yang dapat memberikan nilai tambah pada interior sudut kerja rumah Anda.
  4. Pemilihan warna-warna netral pada keseluruhan area dan memberikan warna aksen pada aksesori interior dapat menciptakan interior yang nyaman dan seimbang sehingga suasana bekerja menjadi menyenangkan dan produktif.
  5. Tambahkan beberapa barang personal dan berikan sentuhan warna yang Anda sukai pada sudut kerja. Dengan demikian, area kerja yang nyaman sudah tercipta dan dapat membantu meningkatkan produktivitas dalam bekerja di rumah.

 


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close