People Innovation Excellence

Dekorasi Ruang Keluarga di Hari Raya

Klinik Desain by Bintang Home /Edisi 359/ Juni 2017

Dosen Desain Interior Binus University, Yunida Sofiana, S.Sn., M.Ds., aktif menjadi kontributor kolom Klinik Desain dari Bintang Home. Selengkapnya anda dapat melihat artikel di dalam edisi 359 Juni 2017.

Momen hari raya selalu menjadi hari istimewa. Salah satunya dengan mempersiapkan rumah secantik mungkin dalam menyambut datangnya keluarga dan tamu yang bersilaturahmi. Misal dengan mendekorasi ruang keluarga, sebagai ruang yang kerap digunakan untuk berkumpul dan bercengkrama. Untuk mempercantik ruang keluarga, ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar ruangan tampil berbeda di hari istimewa.

Menata Ulang Furnitur
Melakukan perubahan pada tata letak furnitur dapat memperbarui suasana ruang. Pada momen istimewa seperti hari raya, tata letak furnitur memungkinkan untuk diubah mengingat tamu yang datang lebih banyak dari biasanya. Penataan yang dapat dilakukan dengan memindahkan furnitur yang kurang diperlukan ke ruang lain agar ruangan lebih luas. Bisa juga menambahkan kursi dan meja Dekorasi Ruang Keluarga di Hari Raya kecil apabila jumlah tamu yang datang lebih banyak. Apabila ruang keluarga memiliki luas terbatas, dapat dilakukan penataan dengan mengunakan gaya timur tengah, yaitu menganti kursi dan meja dengan karpet tebal dan bantal-bantal sebagai alas duduk. Ini akan membuat ruang tamu terlihat luas dengan suasana timur tengah menjelang hari raya.

Ornamen Geometris
Salah satu seni kebudayaan Islam yang cukup dikenal adalah seni ornamen geometris. Seni ini dapat menjadi inspirasi untuk diterapkan di ruang keluarga. Ornamen geometris sudah banyak di produksi pada berbagai elemen dekorasi, seperti wallpaper, bahan tekstil, dan hiasan dinding. Batasi penempatan ormamen di dalam ruang agar ruang tidak terkesan penuh. Pilihlah ornamen yang memiliki warna netral agar dapat dikombinasikan dengan warna lain.

Berimajinasi dengan Warna
Wajah ruangan dapat berubah secara dramatis hanya dengan memberikan sentuhan warna berbeda. Apabila ingin memberikan kesan hari raya, buatlah tema warna yang berbeda dari biasanya. Pemilihan dimulai dari melihat warna dan material yang ada di ruangan. Dari warna tersebut dapat ditentukan warna atau material yang perlu ditambahkan atau dikurangi. Tidak perlu mengganti seluruh barang yang ada, apabila masih bisa dikombinasikan dengan yang lama. Kemampuan dalam menggabungkan warna (mix and match) sangat dibutuhkan agar komposisi menjadi menarik.

Ada banyak elemen dekorasi yang dapat digunakan untuk mengubah tampilan ruang keluarga demi mempercantik area. Setiap elemen memberikan karakter dan suasana yang berbeda, contohnya bunga, cushion, karpet, lampu, hiasan meja seperti frame foto, vas dan lainnya. Penggunaan bunga pada ruangan memberikan kesan semarak dan hangat, baik itu bunga hidup maupun artificial. Pilih bunga sesuai selera baik warna maupun jenisnya, dan dapat diletakkan pada vas maupun benda yang menarik. Bunga dapat ditempatkan pada sudut-sudut
ruang atau di atas meja. Penggunaan karpet juga memberi tampilan berbeda. Namun, perhatikan besar ruang, pastikan ukuran karpet sesuai agar tidak terkesan sempit.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close