Klinik Desain by Bintang Home /Edisi 358/ Juni 2017

Dosen Desain Interior Binus University, Sri Rachmayanti S.Sn., M.Ds., aktif menjadi kontributor kolom Klinik Desain dari Bintang Home. Selengkapnya anda dapat melihat artikel di dalam edisi 358 Juni 2017.

Ruang makan merupakan tempat berkumpul keluarga maupun kerabat. Banyak kegiatan dilakukan di ruang ini. Ketika makan bersama saat momen-momen penting seperti perayaan besar atau kecil. Menyambut Ramadhan, mendekorasi ruang makan agar tampil cantik untuk menyambut keluarga atau teman dalam acara sederhana seperti ‘Bukber’(buka bersama). Bisa juga untuk perayaan hari raya yang memberikan suasana baru dan menunjukkan keramah tamahan tuan rumah. Mendekorasi dan mempercantik ruang ini dapat kita lakukan sendiri.

Berikut beberapa tips dan cara unik dalam dekorasi ruang makan.

  1. Aksesori. Tambahkan beberapa aksesori bernuansa Ramadhan agar ruang makan tampil lebih meriah. Membuat hiasan sendiri dari bahan handcraft yang bisa ditemukan di sekitar kita. Kemudian menggantung hiasan bintang dan bulan di atas meja makan, atau meletakkan lilin yang dihiasi nuansa Ramadhan.
  2. Menata dan mempercantik meja makan. Dapat menggunakan taplak meja (runner), gunakan tema khusus. Misalnya etnik atau natural. Beri lapisan renda di bagian tengah runner dan tambahkan bunga, lilin, center piece di atasnya. Kursi makan dapat dihias dengan menggunakan pita yang disesuaikan dengan warna runner yang dipakai pada meja.
  3. Perangkat makan (tablewares). Makanan merupakan pelengkap yang paling penting pada saat perayaan. Penempatan makanan juga mesti diperhatikan penampilannya. Untuk itu tidak ada salahnya jika disajikan di piring, mangkuk atau gelas yang cantik. Keluarkan koleksi perangkat makan kesayangan Anda. Warna dapat disesuaikan dengan tema yang diangkat. Misal bila mengangkat tema etnik gunakan perangkat dari keramik atau tanah liat. Dengan warna kearah earth tone atau hijau. Jadikan acara makan bersama keluarga dan teman jadi lebih istimewa.