Barlian 1701 2995 44

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Menyadari minimnya minat masyarakat Indonesia terhadap ilmu astronomi, perancang menawarkan kebaruan bagi wahana melalui perancangan furnitur sistem dalam konsep interior ruang Planetarium dan Observatorium di Taman Ismail Mazuki, Jakarta.

Konsep Perjalanan Pulang (selanjutnya disebut Perang) memiliki arti perjalanan pulang ke bumi; di mana ‘pulang’ yang dimaksud dalam keilmuan astronomi adalah untuk kembali memahami pembelajaran dasar astronomi. Untuk memudahkan pengunjung wahana dibuat sistem tematik sesuai alur informasi astronomi oleh Planetarum & Observatorium Jakarta.

Perancangan display sistem mengajak pengunjung dalam penjelajahan Planetarium secara interaktif melalui sentuhan. Sarana interaktif tersebut membuat pengunjung bermain sambil belajar mengenai ilmu astronomi.

Furnitur berikut aksesoris display sistem menggunakan media yang ditemukan dalam Perang yaitu satelit yang dibuat oleh manusia. Satelit merupakan penanda tibanya kembali di planet biru bumi. Suasana dibangun melalui desain-desain yang futuristik dan pendekatan sensorik.

Jadi, selamat menikmati Planetarium & Observatorium yang adventurous, fun, imaginative.