Cindy Gracia Lumanauw 1701 3724 44

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

SMA Katolik Santa Ursula adalah satu dari banyak sekolah berbasis religi remaja putri di Jakarta. Sekolah religi mengajarkaan mata pelajaran umum dan agama, mempraktikkan aktivitas keagamaan dan kebudayaan bernafaskan agama. Sekolah religi merupakan salah satu institusi sosial yang mempengaruhi proses sosialisasi dan mewariskan nilai kebudayaan masyarakat (tradisi) kepada siswi, serta membentuk organisasi dan pola relasi sosial di antara para siswi.

Perkembangan Kesadaran Beragama

Iman dan hati adalah penentu perilaku dan perbuatan seseorang. Perkembangan spiritual ini terjadi pada psikologi remaja putri-siswi SMA sesuai dengan kemampuan kritis mereka mendalami nilai-nilai agama dengan cermat. Mereka mulai membawa nilai-nilai agama ke dalam kalbu dan kehidupannya.

Latar belakang tersebut menjadi dasar pemikiran perancang mendesain interior SMA Katolik Santa Ursula untuk mengambil tema infinite green. Semangat yang ditanamkan kepada para siswinya untuk menjadi pribadi yang tangguh, bertanggung jawab, mandiri, dan peduli terhadap sesama. Tidak pernah lupa pada kuasa Tuhan yang tanpa batas.

Infinite green dalam interior memadukan gaya Neo Gothic yang banyak menggunakan material beton, kayu, batu alam dan baja pada konstruksinya dengan Elektik yang padu-padannya mencerminkan SMA Santa Ursula sebagai sekolah Katolik prestise tertua, feminin sebagai sekolah remaja putri. Perancangan memanfaatkan banyak jendela, pola kaca mosaik pada langit-langit sekaligus pencahayaan, tidak lupa hiasan berbentuk lengkungan geometris yang ramping, meninggi dan berujung lancip ke atas yang sakral.