People Innovation Excellence

PERANCANGAN INTERIOR SEKOLAH MENENGAH ATAS KATOLIK SANTA URSULA

Cindy Gracia Lumanauw 1701 3724 44

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

SMA Katolik Santa Ursula adalah satu dari banyak sekolah berbasis religi remaja putri di Jakarta. Sekolah religi mengajarkaan mata pelajaran umum dan agama, mempraktikkan aktivitas keagamaan dan kebudayaan bernafaskan agama. Sekolah religi merupakan salah satu institusi sosial yang mempengaruhi proses sosialisasi dan mewariskan nilai kebudayaan masyarakat (tradisi) kepada siswi, serta membentuk organisasi dan pola relasi sosial di antara para siswi.

Perkembangan Kesadaran Beragama

Iman dan hati adalah penentu perilaku dan perbuatan seseorang. Perkembangan spiritual ini terjadi pada psikologi remaja putri-siswi SMA sesuai dengan kemampuan kritis mereka mendalami nilai-nilai agama dengan cermat. Mereka mulai membawa nilai-nilai agama ke dalam kalbu dan kehidupannya.

Latar belakang tersebut menjadi dasar pemikiran perancang mendesain interior SMA Katolik Santa Ursula untuk mengambil tema infinite green. Semangat yang ditanamkan kepada para siswinya untuk menjadi pribadi yang tangguh, bertanggung jawab, mandiri, dan peduli terhadap sesama. Tidak pernah lupa pada kuasa Tuhan yang tanpa batas.

Infinite green dalam interior memadukan gaya Neo Gothic yang banyak menggunakan material beton, kayu, batu alam dan baja pada konstruksinya dengan Elektik yang padu-padannya mencerminkan SMA Santa Ursula sebagai sekolah Katolik prestise tertua, feminin sebagai sekolah remaja putri. Perancangan memanfaatkan banyak jendela, pola kaca mosaik pada langit-langit sekaligus pencahayaan, tidak lupa hiasan berbentuk lengkungan geometris yang ramping, meninggi dan berujung lancip ke atas yang sakral.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close