People Innovation Excellence

PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG PERTUNJUKAN NASIONAL DI JAKARTA

Erinn 1701 2996 45

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Perancangan interior gedung pertunjukan memiliki konsep Cloud Curtain. Kata Cloud yang berarti awan mengangkat sejarah dari batik mega mendung, batik awan larat dan batik awan berarak yang kemudian diadaptasi menjadi motif batik. Kata Curtain yang berarti tirai dengan arti potongan kain atau tekstil yang digunakan untuk melindungi dari cahaya dan mendapatkan privasi. Tirai juga memberikan pemisahan visual pada seni pertunjukan pada bagian panggung, tirai diturunkan saat pemain, kru dan staff melakukan persiapan untuk pertunjukan saat penonton menunggu di dalam auditorium atau di depan tirai. Mengambil arti tirai melindungi dan hubungannya dengan teater serta makna filosofi awan yang menaungi dan mengayomi seperti tirai yang melindungi manusia.

Penerapan konsep ekspresif, perancangan interior membangun ekspresi melalui bentuk-bentuk unik yang harmonis dengan suasana dalam dan luar ruang. Bergaya dewasa, anggun, megah sekaligus modern menunjukkan kelas dunia Gedung Pertunjukkan Nasional di ibukota ini. Bentuk unik didapat dari hasil mengolah kekayaan motif bermuatan lokal (local content ) yaitu batik awan dengan bentuk lonjong, lancip, segitiga dan mengulir. Kemudian bentuk-bentuk tersebut diaplikasikan pada perancangan interior Gedung Pertunjukkan Nasional termasuk di dalamnya furnitur. Memaknai warna biru pada batik mega mendung sebagai cerminan keluasan cakrawala, bersahabat, tenang, kehidupan dan cerah.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close