People Innovation Excellence

PERANCANGAN INTERIOR GALERI KAIN NUSANTARA DI JAKARTA

Fatya Amanda 1601 2780 72

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Galeri Kain Nusantara merupakan wahana edukasi yang memuat sejarah dan asal-muasal setiap lembar kain khas Nusantara secara lengkap. Galeri ini diutarakan menempati Gedung PS-26 berlokasi di Jl. Patal Senayan No.26 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Ruang pamer dalam Galeri dirancang melalui permainan level lantai dalam usaha mempertegas area pajang dan jarak untuk menikmati karya-karya kain oleh pengunjung-tanpa perlu menyentuhnya. Langit-langit ruang pamer sebagian dibiarkan terbuka untuk mengekspos dramatisasi pencahayaan bagi karya pajang kain dan kelembutan interior ruangan, mendukung keterbacaan panel informasi kain, pengaturan suhu ruang, serta kemudahan pekerjaan teknis.

Bentuk ruang sirkulasi model tertutup pada interior bangunan bertujuan tertib mengarahkan gerak pengunjung sewaktu berkeliling, berhenti sejenak, beristirahat, atau menikmati kain (detil kain) yang dianggapnya menarik. Ciri ruang sirkulasi model ini adalah adanya koridor pribadi yang menghubung antar ruang melalui pintu masuk.

Teknik pemajangan kain-kain tradisional hingga kontemper yang memiliki nilai tinggi menjadi top priority.  Melalui rasa hormat akan mahakarya milik Bangsa Indonesia, kain-kain diletakkan pada arena pajang dan simpan dengan perlakuan istimewa. Teknik pajang-gantung di tengah ruang, di dalam vitrin, pada lemari pajang berkaca semua berada di atas level ketinggian sejajar mata pengunjung. Hal ini menunjukkan keagungan dalam selembar kain tidak main-main.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close