Farida Wulandari 1401 0810 21

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Mendukung berkembangnya area wisata sejalan dengan berkembangnya tren jalan-jalan keluarga sebagai dampak luasnya jangkauan viral sosmed, hostel turut merasakan kenaikan tingkat hunian yang signifikan. Hal yang berdampak positif ini salah satunya terjadi di daerah wisata Kota Batu, Malang. Alam yang sejuk di dataran tinggi ini memiliki tempat rekreasi keluarga yang terkenal lengkap dan asri yaitu Batu Secret Zoo 1 dan 2 diikuti wahana-wahana lainnya yang sama menarik. Hotel dan hostel (hotel budget) menyediakan tempat bermalam bagi wisatawan yang datang ke sana.

Hostel menjadi pilihan bagi wisatawan domestik yang datang bersama keluarga dengan harga terjangkau dan fasilitas lengkap. Perancangan interior hostel menjadi tantangan dengan nilai budget ketat membangun hostel bergengsi yang ramah kantong wisatawan.

Hostel bergaya industrial rustic contemporary memperlihatkan material terpasang dalam ruang yang umumnya dilapis agar tertutup. Material exposed dijaga agar keterlihatannya nyaman untuk mata dan menjadi nilai jual estetis dalam pernyataan ruang interior hostel. Material exposed merupakan salah satu cara menekan biaya pembangunan interior yang diolah secara apik sehingga menciptakan gaya ruang baru.