Grace Debora Harty 1701 3170 74

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Bali merupakan sebuah daerah yang kaya akan tempat pariwisata. Pengunjung yang ada di Pulau Bali sendiri merupakan turis mancanegara dan nasional. Dalam Bali terkenal kesenian Tari dan Busana Adat. Kesenian tari ini digunakan sebagai ajang hiburan untuk para wisatawan. Namun, fungsi Tari Bali melebihi dari sekedar hiburan. Busana Adat Bali merupakan pakaian digunakan oleh masyarakat Bali dalam melaksanakan kegiatan baik sehari-hari maupun kegiatan keagamaan. Busana Adat itu tidaklah sembarangan, melainkan memiliki cara pakai dan membagi golongan umur serta kasta. Pulau Bali terkenal dengan mayoritas agama Hindu. Dalam agama Hindu terdapat filosofi mengenai Tri Hita Karana dan juga Catur Varna. Dalam museum ini, akan dibahas segala pengetahuan mengenai Tari dan Busana Adat Bali untuk menambah pengetahuan wisatawan Bali.

Gaya perancangan interior adalah ethnic modern melebur interior rumah Bali ke dalam gaya interior modern yang kekinian. Peleburan tentu sangat memperhatikan norma, etika dan pemaknaan yang terkandung dalam  sebuah bangunan rumah adat Bali. Kekuatan suasana misterius, sakral, memuja alam dengan gerakan yang elegan adalah rasa bagi interior Museum Tari Tradisional dan Busana Adat Bali ini.

Ruang-ruang dalam museum merupakan hasil olah dan pemanfaatan bambu, mulai dari dekorasi pilar dan partisi, furnitur dan dekorasi drop-ceiling juga lantai dan rumah lampu.