Jelliyani Anjelina S. 1701 3692 92

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Tempat penitipan anak (TPA) merupakan bagian dari salah satu bisnis di bidang jasa yang melayani anak. Berada pada gedung perkantoran, tidak menutup kemungkinan untuk memberikan sensasi aktifitas seperti berada diruangan terbuka. Desain tempat penitipan anak dibuat senyaman dan semenarik mungkin sehingga membuat anak-anak tidak cepat jenuh dan merasa ceria berada di lingkungan TPA. Menciptakan suatu ruangan yang cheerful, energic, playful dan imaginative. Hal ini berkaitan dengan perkembangan anak yang dipengaruhi oleh mood dalam sebuah ruangan.

Pemilihan warna-warna cerah yang merupakan gambaran dari sebuah kecerian. Untuk bentuk sendiri, memilih bentuk-bentuk yang mampu meningkatkan imajinasi dan khayalan anak. Konsep perancangan ruang sendiri tidak hanya dipengaruhi oleh elemen interior melainkan didukung dengan pemilihan furniture, pencahayaan, penghawaan, serta material apa yang akan digunakan. Bentuk-bentuk yang diterapkan terinspirasi dari suasana alam Farm Land. Bentuk dasar yang dinamis, flowing dan organic kemudian dikreasikan menjadi bentuk-bentuk baru yang menarik.

Berada dalam gedung, meskipun terdapat sistem pengendalian kebisingan, interior TPA mencegah terserapnya segala bentuk kebisingan dengan melapisi dinding dengan material peredam suara. Perancangan interior juga menyiasati kebutuhan privasi ruang terkait dengan posisi TPA di dalam gedung.