Irdianti Ditia Sema 1701 3627 33

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Konsep perancangan interior “Petualangan di HutanTropis”merupakan semangat yang ingin disiarkan kepada semua pengunjung Museum Etnobotani. Petualangan berartikan tantangan agar timbulnya rasa ingin tahu pada Museum Etnobotani dan mengambil suasana Hutan Tropis dimana Hutan Tropis adalah hutan  terbesar yang paling banyak menghasilkan tumbuhan.  Simpulan dari perancangan interior ini diharapkan  Museum Etnobotani dapat memberi gambaran kepada generasi muda dan generasi berikutnya tentang manfaat obat yang ada di Indonesia dan diharapkan Museum Etnobotani dapat mengedukasi para pengunjungnya terutama pengunjung anak-anak.

Desain interior Museum Etnobotani Indonesia berlokasi di Bogor terinspirasi dari keragaman hayati tumbuhan tanaman Indonesia di alam/hutan. Selayaknya di dalam hutan, atmosfir museum mengundang excitement petualangan yang dihadirkan melalui permainan bentuk, pola, tekstur pada elemen ruang interior. Sensasi hutan didukung penghawaan sejuk serta efek suara air hujan dan air mengalir.

Suasana interior hutan tropis menghantarkan pengunjung kepada area-area dalam yang memajang koleksi museum berupa ragam tanaman obat. Alur perjalanan diarahkan mengikuti jalur lampu. Interior museum memanfaatkan dengan cerdas peletakkan hidden lamp pada jalur rute pengunjung.