MICHAEL ANDERSON LEONARD 1701 3048 85

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Dalam perancangan furnitur Museum Tari Tradisional dan Busana Adat Bali, dibahas asal-usul, material,dan cerita-cerita atau makna di balik pola dan pembuatan kain, busana, serta tarian adat Bali.Benda-benda yang dipajang di museum ini merupakan benda-benda yang bisa menggambarkan proses pembuatan busana, hasil akhirnya, dan juga tarian tradisional Bali. Benda koleksi yang dipajang dapat berupa foto-foto termasuk ilustrasi gerakan dan boneka peraga yang memperagakan gerakan tertentu.

Gaya Bali yang sangat memegang teguh keaslian budaya dan tradisi dipadukan dengan desain modern-kontemporer maka perancangan furnitur memproses kebaruan tersendiri. Desain furnitur menampilkan sesuatu yang tradisional dengan media dan teknik yang modern.

Begitu juga perancangan furnitur Museum Tari Tradisional dan Busana Adat Bali ini, akan banyak ditemui unsur-unsur interior yang memiliki bentuk, tekstur, pola anyam dan metode pengolahan material yang dinamis dan fleksibel-terinspirasi dari tari Bali yang memiliki gerak dinamis, mengalir, tidak kaku, tapi terkendali sempurna.