Mutia Ratih 1701 3596 12

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Budaya Bugis merupakan salah satu budaya besar yang terdapat di Indonesia, namun tidak banyak yang mengetahui keberadaannya. Hal ini dikarenakan orang Bugis terkenal berjiwa petualang yang senang merantau keluar dari kampung halamannya. Tidak sedikit warga suku Bugis yang tidak mengetahui budaya asal usul mereka sendiri. Oleh sebab itu Galeri Multimedia ini diperuntukkan bagi masyarakat suku Bugis berikut generasi muda sekaligus warga negara Indonesia untuk menelusuri sejarah serta asal muasal salah satu suku terbesar di Indonesia ini. Sejalan dengan kemajuan jaman maka teknologi multimedia menjadi sarana utama mempresentasikan kebudayaan suku Bugis pada galeri. Teknologi multimedia sudah saatnya diperkenalkan kepada khalayak di pelosok negeri sekalipun.

Konsep Triptych Bombang menjadi konsep perancangan interior Galeri Multimedia Budaya Bugis yang adalah segitiga berjejer membentuk pola zigzag, pola dan motif khas Bugis yang diaplikasikan pada ragam hias sarung, kain, perangkat rumah tangga. Segitiga bermakna keagungan, pola zigzag melambangkan lautan ombak bermakna merantau.

Selanjutnya bentuk geometris zigzag mendominasi bahasa interior menjadi benang merah menyeluruh pada galeri ini. Penerapannya pada lantai, dinding serta plafon didesain berkesinambungan dan merasakan sentuhan suku Bugis di sana.