People Innovation Excellence

PERANCANGAN INTERIOR MUSEUM SEJARAH BATAVIA

Michelle 1701 3723 30

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Jelajah Masa. Jelajah yaitu perjalanan dan pergerakan dari sebuah titik ke titik lainnya yang menjadi tujuan. Masa yaitu waktu, dekade, atau era suatu waktu dari dulu hingga sekarang. Nikmati pengalaman menjelajah Batavia melalui kata kunci interaktif, kronologis, kontras.

Perancangan interior bergaya interior kolonial indische pada Museum Sejarah Batavia, gaya yang memberikan kesan interior bangunan Belanda di Batavia pada eranya sebagai Jelajah Masa, sekaligus menonjolkan bangunan Gedung Cipta Niaga sebagai warisan budaya berdiri sejak tahun 1900an. Beratnya rasa ruang masa itu untuk menampakkan kekuasaan dan kekokohan keberadaan penguasa ditampilkan melalui ukuran lemari, kursi, tempat tidur 4 tiang, meja kopi, frame jendela dekorasi pada dinding yang serba besar dan menjulang tinggi. Ruang-ruang pamer yang memajang artefak masa lalu menurunkan rasa berat itu dengan sistem display yang bersih dari dekorasi dan ramping. Hal ini demi mengimbangi benda-benda pajang yang sarat dengan bentuk bertakik yang tajam, penuh ukiran serta bewarna gelap.

Begitu pun pemilihan material pada furnitur, lampu, dinding, lantai, langit-langit serta elemen dekoratif. Kesesuaian dengan tema melalui komposisi warna kayu tua yang gelap dengan putih gading yang lembut kemudian warna perak dan emas sebagai aksen pernyataan keanggunan dan kemewahan jaman itu. Sementara panel informasi tetap kontras dengan suasana romantis kolonial untuk memberi jarak kepada pengunjung agar fungsi sebagai pemberi informasi data museum tersampaikan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close