People Innovation Excellence

PERANCANGAN INTERIOR PERPUSTAKAAN UMUM DAERAH PROVINSI DKI JAKARTA

Mitha Audina 1701 2945 30

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Fungsi perpustakaan berkembang tidak hanya sebagai gudang buku, melainkan sebagai pusat informasi. Perpustakaan terotomasi memaksimalkan pelayanan dan kenyamanan pengunjung perpustakaan umum daerah. Citra ruang perpustakaan umum daerah yang modern, nyaman, bebas, terbuka dapat meninggalkan kesan perpustakaan yang kaku, membosankan, dan kuno. Perpustakaan umum daerah tidak hanya sebagai sarana dan fasilitas tetapi berkembang sebagai tempat rekreasi untuk berkumpul dan mengisi waktu luang yang produktif.

Perancangan interior Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta, berkonsep“The Open Book” dengan karakteristik koleksi bahan pustaka yang terdapat di perpustakaan umum seperti koleksi buku, koran, dan majalah. Konsep ruang terbuka dan bebas melambangkan buku terbuka untuk dibaca siapa saja. Area anak-anak adalah area majalah anak-anak yang ceria, berwarna, up-to-date (konten terkini), tentunya menyenangkan. Area remaja dan dewasa adalah area koran yang profesional, teratur, terorganisir, dan formal.

Perancangan interior melalui karakteristik garis dan bentuk dinamis melambangkan semangat dan kebebasan, serta elemen interior yang unik, terbuka, dan berani. Perpustakaan memberi kenyamanan visual (visual comfort) dan kenyamanan termal (thermal comfort) dengan mengoptimalkan pencahayaan dan suhu serta faktor akustik, ergonomi dan estetika sehingga menciptakan suasana yang mendukung pembaca berkonsentrasi membaca di dalamnya. Selain itu, perancangan perpustakaan memberi layout ruang mengacu kepada sistem konfigurasi tata letak buku beserta benda-benda pustaka untuk kemudahan pencarian bahan sekaligus menarik minat dan membaca lebih banyak.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close