People Innovation Excellence

PERANCANGAN INTERIOR MUSEUM SATWA SEBAGAI PROGRAM PERENCANAAN WORLD WILDLIFE FUND UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP SATWA LANGKA LOKAL

Nickson Sudianto Putra   1701 3173 83

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Konsep dalam perancangan Museum Fauna Indonesia ini adalah “Learn from Yesterday, Live for Today, Hope for Tomorrow” – Albert Einstein, yaitu suatu konsep yang menceritakan kondisi dulu berbeda dengan sekarang, dan apa yang harus kita lakukan sekarang, untuk masa depan kita. Konsep ini menggabungkan dua jenis kondisi hewan, yang divisualisasikan dalam interior dengan sebuah tahapan yang mana menceritakan alur habitat fauna Indonesia dari hijau dan terjaga, lambat laun menjadi berkurang, dan hanya tersisa ruangan polos putih dan hewan tersebut (merepresentasikan habitat hewan itu telah rusak dan hewan tersebut akan punah).

Perancangan interior bergaya natural kontemporer yang diterapkan antara lain dapat dilihat pada bagian-bagian yaitu jendela sebagai cahaya alami untuk menerangi sebagian besar ruangan, bentuk yang unik dan material polos yang bertekstur, porsi warna cerah sebagai aksen minimal, harmoni interior dengan eksterior serta penggunaan material kayu dan batuan alam.

Sirkulasi direct plan pada lantai dasar menuntun pengunjung mengawali tur museum melakukan perkenalan dengan fauna khas Indonesia secara kronologis. Sirkulasi radial plan pada lantai 2, merupakan area diorama yang menceritakan sebab-akibat, dan ruangan pameran. Sirkulasi radial memberikan kebebasan pengunjung mencari informasi secara random sesuai minat, rasa ingin tahu dan rasa empati terhadap satwa langka dan marga satwa yang Indonesia miliki.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close