Nurul Kamila 1701 3483 31

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Perencanaan dan perancangan prasekolah ini mengangkat tema“Play-scape!”yaitu penggabungan dari istilah bermain (play) dan melarikan diri (escape). Perancangan play-scape terinspirasi dari sebuah objek yang memiliki peran mendukung seluruh aktivitas bermain sekaligus melindungi anak dan berhubungan dengan alam, yaitu rumah pohon. Rumah pohon merupakan tempat yang disukai anak-anak untuk bereskplorasi dan melakukan beberapa latihan fisik dengan memanjat pohon.

Perancangan interior TK bermain ini laksana sebuah pohon besar berada di dalamnya. Tentu mengundang decak kagum anak dan rasa ingin berlarian riang-gembira. Fungsi kelas sebagai tempat belajar diselenggarakan tanpa terasa formal bagi benak anak-anak. Mereka sudah melebur dengan bentuk-bentuk kreatif dan atraktif-playful yang mengajak anak aktif untuk berpetualang dan berkreasi di dalamnya dan tidak merasa jenuh ketika berinteraksi dan melakukan aktivitas belajar.