People Innovation Excellence

PERANCANGAN INTERIOR PRESCHOOL AND KINDERGARTEN METODE PLAYBASED DI BINTARO

Nurul Kamila 1701 3483 31

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Perencanaan dan perancangan prasekolah ini mengangkat tema“Play-scape!”yaitu penggabungan dari istilah bermain (play) dan melarikan diri (escape). Perancangan play-scape terinspirasi dari sebuah objek yang memiliki peran mendukung seluruh aktivitas bermain sekaligus melindungi anak dan berhubungan dengan alam, yaitu rumah pohon. Rumah pohon merupakan tempat yang disukai anak-anak untuk bereskplorasi dan melakukan beberapa latihan fisik dengan memanjat pohon.

Perancangan interior TK bermain ini laksana sebuah pohon besar berada di dalamnya. Tentu mengundang decak kagum anak dan rasa ingin berlarian riang-gembira. Fungsi kelas sebagai tempat belajar diselenggarakan tanpa terasa formal bagi benak anak-anak. Mereka sudah melebur dengan bentuk-bentuk kreatif dan atraktif-playful yang mengajak anak aktif untuk berpetualang dan berkreasi di dalamnya dan tidak merasa jenuh ketika berinteraksi dan melakukan aktivitas belajar.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close