People Innovation Excellence

PERANCANGAN INTERIOR SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK DI JAKARTA

Octavianda Widyanpramesty 1701 2930 42

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Setiap anak memiliki cita-cita. Kadang satu, kadang lebih. Cita-cita menjadi dokter, astronot, polisi, pilot, koki. Tema cita-cita kemudian mendasari perancangan interior Taman Kanak-kanak selanjutnya. Beberapa profesi melalui atribut keprofesiannya diadaptasi ke dalam ruang-ruang kelas. Tema cita-cita berwujud profesi ini dikelompokkan menjadi Petani dan Peternak, Seniman, Pilot, Polisi, dan Koki. Pemilihan kategori ini berdasarkan jenis cita-cita yang umum diinginkan oleh anak usia dini sebagai cita-cita mereka saat besar nanti.

Warna polikromatik alias warna-warni diterapkan dalam interior TK. Warna tampil sebagai penegasan zona profesi yang membedakan ruang-ruang kelas. Saturasi warna-warni diturunkan agar ruangan tetap bisa memenuhi fungsi arena belajar. Permainan warna yang maksimal dengan batasan intensitas warna terpapar cahaya lampu memantul ke mata anak-anak adalah keunggulan perancangan interior.

Berikut beberapa makna pada setiap warna.

Merah  : Bersemangat, gembira.

Kuning   : Optimis, kreatif.

Hijau  : Tenang, santai, alami.

Biru   : Sejuk, damai, luas.

Ungu  : Lembut, aman.

Orange  : Percaya diri, persahabatan.

Pastel  : Menyenangkan, menenangkan, lembut.

Putih   : Bersih, tentram, aman.

Hitam  : Percaya diri.

Coklat   : Hangat, kuat, alami.

Padu padan warna dalam ruang belajar menggiatkan siswa berpikir sambil bermain sekaligus melunturkan rasa tegang dan takut.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close