People Innovation Excellence

PERANCANGAN FURNITUR & AKSESORIS RUANG BACA ANAK PERPUSTAKAAN THE OPEN BOOK DI TANGERANG

Rani Handayani Pudjiningtyas 1701 3542 14

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Perpustakaan anak adalah tempat bagi anak usia 5-9 tahun dengan didampingi oleh orangtua atau wali yang dapat membimbing anak-anak untuk membaca, belajar, mencari informasi atau sekedar meningkatkan keterampilan. Demi kenyamanan para pengguna perpustakaan maka dibutuhkan ruangan yang tenang dan nyaman. Sedangkan sifat dasar dari anak-anak pada usia 5-9 tahun yaitu aktif. Demi mencegah terganggunya aktifitas bagi remaja dan dewasa didalam perpustakaan maka dibutuhkan ruang khusus bagi anak-anak untuk beraktifitas dan mengembangkan minat serta keterampilan.

Ruang baca pada Perpustakaan The Open Book memiliki fungsi penyimpanan, fungsi penelitian, fungsi edukasi, fungsi informasi dan fungsi rekreasi. Perancangan Furnitur dan Aksesoris memperhatikan aspek sirkulasi ruang agar dapat memaksimalkan ruang terbatas sehingga dapat memenuhi kebutuhan anak-anak yang menggunakan ruang baca sekaligus mendukung segala aktifitas yang dilakukan pada perpustakaan tersebut, merancang konsep furnitur yang disesuaikan dengan konsep dari perpustakaan anak The Open Book dan menerapkan “reduce, reuse dan recycle” dalam hal pemilihan bentuk, material, serta finishing dalam perancangan. Ruang baca anak dirancang dapat menggambarkan suasana yang mendukung untuk aktifitas seperti belajar, membaca buku, permainan edukatif, melakukan kegiatan seni serta berdiskusi dengan orang tua atau wali atau bahkan dengan teman-teman.

Konsep yang akan digunakan pada Perancangan Furnitur dan Aksesoris Ruang Baca Anak Pada Perpustakaan The Open Book disesuaikan dengan konsep dari perpustakaan The Open Book yaitu “naturaly fun”, membuat perancangan furnitur dan aksesoris yang ramah lingkungan, bentuk yang organis, menggunakan warna pastel dan dapat memenuhi kebutuhan fasilitas pengguna dalam studi kasus yaitu anak usia 5-9 tahun.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close