Regina G.E. Lumentut 1401 1218 83

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Citarasa Nusantara merupakan konsep desain interior Museum Kuliner Khas Nusantara. Tujuan perancangan adalah untuk memberikan ilmu pengetahuan mengenai kuliner yang ada di Indonesia kepada para pengunjung yang datang, serta menumbuhkan rasa kecintaan masyarakat pada kuliner Indonesia.

Kelapa adalah tema dari desain museum ini. Mengapa Kelapa? Karena kelapa merupakan penghasil santan, dan santan banyak digunakan pada hampir semua kuliner di Indonesia. Selain itu, pohon kelapa banyak ditemukan di pelosok bumi Indonesia. Museum Kuliner Khas Indonesia ini menyajikan proses pembuatan hidangan dari hulu ke hilir. Pengunjung diperlihatkan proses memilih bahan, meracik bumbu, mengolah masakan, menghias di atas piring hingga siap dihidangkan berikut tata krama penyajian.

Konsep warna menggunakan bahan-bahan makanan yang banyak dan sering digunakan oleh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai dengan Merauke, yaitu kelapa (warna hijau, coklat, putih), kentang, singkong dan ubi (coklat, ungu, kuning). Kemudian mengambil sistem tanam padi sawah terasering sebagai bentuk dekoratif bagi level lantai interior ruangan. Material untuk lantai adalah beton tanpa finishing.