People Innovation Excellence

PERANCANGAN INTERIOR MUSEUM KULINER KHAS NUSANTARA DI JAKARTA

Regina G.E. Lumentut 1401 1218 83

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Citarasa Nusantara merupakan konsep desain interior Museum Kuliner Khas Nusantara. Tujuan perancangan adalah untuk memberikan ilmu pengetahuan mengenai kuliner yang ada di Indonesia kepada para pengunjung yang datang, serta menumbuhkan rasa kecintaan masyarakat pada kuliner Indonesia.

Kelapa adalah tema dari desain museum ini. Mengapa Kelapa? Karena kelapa merupakan penghasil santan, dan santan banyak digunakan pada hampir semua kuliner di Indonesia. Selain itu, pohon kelapa banyak ditemukan di pelosok bumi Indonesia. Museum Kuliner Khas Indonesia ini menyajikan proses pembuatan hidangan dari hulu ke hilir. Pengunjung diperlihatkan proses memilih bahan, meracik bumbu, mengolah masakan, menghias di atas piring hingga siap dihidangkan berikut tata krama penyajian.

Konsep warna menggunakan bahan-bahan makanan yang banyak dan sering digunakan oleh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai dengan Merauke, yaitu kelapa (warna hijau, coklat, putih), kentang, singkong dan ubi (coklat, ungu, kuning). Kemudian mengambil sistem tanam padi sawah terasering sebagai bentuk dekoratif bagi level lantai interior ruangan. Material untuk lantai adalah beton tanpa finishing.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close