People Innovation Excellence

PERANCANGAN FURNITUR & AKSESORIS SEKOLAH TK KIDEA PODOMORO BRANCH -METODE MONTESSORI- JAKARTA

Rina Aryani 1701 3121 93

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Metode Montessori merupakan metode pengajaran yang menerapkan cara belajar sambil bermain, memberikan fasilitas belajar yang menarik untuk anak dan tetap memberikan pengajaran yang meningkatkan perkembangan diri dan otak anak. Metode ini membagi 5 (lima) area apparatus, yaitu matematika, cultural arts, sensorial, language, dan practical life. Di dalam kelas anak-anak diberi kebebasan memilih materi yang akan mereka pelajari. Anak-anak dapat mengembangkan otak mereka dengan bermain sambil belajar menggunakan alat aparatus yang ada. Ada juga circle time yang biasanya dilakukan di kelas pada waktu pagi hari. Anak dapat bermain dengan berkelompok dan mengenal satu sama lain dengan teman-temannya. Keberhasilan metode Montessori meningkatkan semangat, kecerdasan, kemandirian, serta keaktifan anak-anak di sekolah.

Konsep desain perancangan furnitur pada interior Taman Kanak-Kanak adalah Purity of Children Creativity. Suasana rumah tinggal dibawa ke dalam ruang kelas untuk menciptakan rasa familiar para siswa melunturkan rasa asing. Konsep furnitur dirancang mengambil bentuk-bentuk geometri disesuaikan dengan program pengenalan bentuk dan rupa. Kursi-meja-rak buku dapat digabungkan dan disusun melalui modul geometris agar anak-anak dapat mengerjakan tugas sambil bermain baik secara kelompok maupun individu. Warna finishing natural kayu pada furnitur dengan color coding mengacu kurikulum montessori.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close