People Innovation Excellence

PERANCANGAN ULANG INTERIOR MUSEUM TRANSPORTASI DI TMII

Rizky Natasha 1701 3722 74

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Keberadaan Museum Transportasi bertujuan mengedukasi masyarakat akan jasa dan peran besar bidang transportasi sejak pertama kali ada bagi kegiatan perekonomian negara serta penyebaran penduduk ke seluruh pelosok negri dan kota-kota besar di Indonesia. Terpajang di sana alat transportasi tradisional hingga yang berteknologi mutakhir dan berupa konsep masa depan. Museum Transportasi di TMII untuk itu perlu dirancang ulang.

Konsep perancangan ulang Museum Transportasi di TMII adalah peremajaan desain interior. Dasar perancangan diawali media mindmap untuk mendapat pemahaman unsur yang berkaitan dengan desain Museum Transportasi. Tema “ Jelajah Indonesia’ mengantar perjalanan berkeliling Indonesia dengan beragam kendaraan koleksi Museum Transportasi. Warna-warna menghidupkan imajinasi pengunjung menyatu dengan alam melalui biometric color sebagai Indonesia yang dikenal beriklim tropis. Treatment plafon menggunakan multipleks dan gypsum board downceiling berfungsi utama sebagai jalur AC, selain itu treatment ini membuat plafon menarik dan tidak monoton.

Tata pajang Museum Transportasi di TMII dibagi dua, yaitu display tertutup dengan vitrin kaca berbagai ukuran dan display terbuka dibatasi oleh pagar agar pengunjung tidak menyentuh koleksi. Tersedia simulator kendaraan yang dapat digunakan oleh pengunjung, selain itu disediakan pula monitor panel dan video mapping pada beberapa koleksi untuk memberikan informasi yang lebih dalam.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close