Tassya Shafira 1701 3173 51

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Konsep perancangan interior Asrama Mahasiswa Institut Kesenian Jakarta yaitu‘Color Crush’ mengusung semangat pop dan bergaya Memphis merayakan kemudaan dan kreatifitas. Institut Kesenian Jakarta berbasis ilmu bidang kesenian dan kebudayaan konsisten dengan peranannnya mengembangkan kesenian Indonesia melalui jalur akademis dan menjadi salah satu rujukan pusat studi seni yang populer di kalangan anak muda Indonesia.

Citra ruangan asrama sangat dinamis, hangat dan akrab dengan penghuninya yaitu mahasiswa. Mahasiswa disuguhi interior yang bersemangat, penuh elemen garis-warna-motif geometris dari era Memphis yang memompa adrenalin berkarya. Ruangan penuh gaya grafis tampil keren dan percaya diri. Mahasiswa penghuni asrama mampu mencintai asrama melalui kegiatan-kegiatan positif di sana sambil memelihara asrama untuk digunakan juniornya kelak.

Lokasi asrama di tengah kota dengan polusi udara tinggi mendapat penghawaan dari ruang-ruang terbuka bergaya loft yang membangun void berikut ceiling yang tinggi. Hal ini untuk menghemat listrik pemakaian AC, mengundang hawa sejuk dan cahaya matahari melalui jendela yang banyak. Penggunaan AC central khusus lobby resepsionis, perpustakaan, student lounge dan area belajar-kamar. Pemakaian gypsum dan fiber pada ceiling dan dinding untuk meredam suara sebagai teknik akustik perpustakaan dan kamar tidur.