People Innovation Excellence

PERANCANGAN INTERIOR MUSEUM PERADABAN MAJAPAHIT

Tiffany 1701 3135 93

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Sebelum Bangsa Indonesia menjadi kesatuan bangsa yang utuh, Kerajaan Majapahit telah lama menapak di tanah air. Kerajaan Majapahit memiliki peradaban besar dan berkaitan erat dengan fondasi Bangsa Indonesia. Banyak sekali kebudayaan dari masa pemerintahan Majapahit yang mampu mencapai kejayaan yang gemilang pada masanya. Peradaban selama masa pemerintahan Majapahit ini meninggalkan warisan budaya serta bukti artefak dengan nilai-nilai luhur. Peradaban Majapahit tidak hanya menjadi bukti budaya tetapi juga warisan bagi Bangsa Indonesia yang bernilai tinggi.

Perancangan interior Museum Peradaban Majapahit mengajak pengunjung berkeliling dari awal pembentukan Kerajaan Majapahit hingga runtuh. Konsep dari perancangan ini membangun pola rekonstruktif pada awal pembentukan Majapahit kemudian diikuti dengan pola estetik pada ruangan selanjutnya. Rekonstruktif di awal perancangan memaparkan gambaran umum Kerajaan Majapahit. Ruang museum dilanjutkan dengan gaya estetik tinggi Kerajaan Majapahit berpadu dengan bentuk-bentuk filosofi dari alam. Hal ini berkat resapnya hubungan yang kuat antara masyarakat Kerajaan Majapahit dengan konsep Tri Hita Karana. Konsep alam yang disusun sesuai dengan lingkungan Kerajaan Majapahit baik dari segi alam Majapahit yaitu Hutan Tarik (Hutan Buah Maja) hingga lingkungan sekitar masyarakat seperti lingkungan candi; hasil karya masyarakat Majapahit.

Ruang Museum Peradaban Majapahit ini sendiri terdiri dari ruang lobi, kantor, perpustakaan, auditorium, ruang reparasi kerja/ laboratorium, area pamer tetap, area pamer temporer, souvenir shop, serta kafe. Semua ruangan tersebut memiliki konsep tematik Majapahit yang berdiri sendiri. Untuk konsep area pamer tetap yang memiliki luasan lebih dominan pada museum ini terbagi menjadi tiga alur atau tiga pembagian yaitu Area Majapahit Awal (pembentukan), Area Majapahit Tengah (kejayaan) dan Area Majapahit Akhir (runtuh).


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close