Theresia Novina Yoko 1701 3318 35

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Teater Musik adalah penampilan pagelaran seni musik yang dipertunjukkan atau dipentaskan di atas panggung dan disaksikan oleh para penonton. Seiring berjalannya waktu dan berganti zaman, teater kini juga digunakan untuk berbagai tujuan seperti media hiburan, media ekspresi dan media pendidikan. Menurut Budianta (2002: 4), teater adalah suatu genre sastra di mana penampilan fisiknya memperlihatkan secara verbal adanya suatu percakapan atau dialog di antara para tokoh. Secara umum, teater merupakan suatu pertunjukan yang menampilkan berbagai jenis pertunjukan yang ditujukan kepada masyarakat.

Mengacu Teater Musik Nusantara, perancangan interior bertemakan perpaduan unsur lima suku tertua dari lima pulau besar di Indonesia. Berbagai suku di Indonesia disatukan melalui sebuah ide yang menciptakan esensi baru karya interior bermuatan budaya, warna, senjata, aksesoris dan bentuk ragam suku. Perpaduan suku tertua yang diwakilkan pada setiap pulau besar Indonesia yaitu Suku Melayu, Suku Jawa, Suku Dayak, Suku Makassar dan Suku Dani.

Suku Melayu melalui warna emas; warna agung. Suku Jawa melalui warna coklat pada blangkon, baju, sarung yang identik. Suku Dayak melalui perisai berbentuk segi enam. Suku Makassar melalui corak kotak-kotak khas adat. Pada Suku Dani; suku yang sangat tertutup, masyarakat suku ini gemar membuat hiasan penutup kepala yang menjadi tradisi sejak nenek moyang. Penutup kepala biasanya dihiasi dengan bulu kakatua atau cendrawasih. Bentuk kendang pada bentuk partisi interior mewujudkan konsep nusantara dan alat musik bersatu dalam perancangan interior ruangan.