People Innovation Excellence

Perancangan Desain Interior Museum Sinematografi Indonesia

I Gusti Ayu Laksmita Anindyanari 1801411622

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2018

Sinematografi sebagai ilmu terapan merupakan bidang ilmu yang membahas tentang teknik menangkap gambar dan menggabung-gabungkan gambar tersebut sehingga menjadi rangkaian gambar yang dapat menyampaikan ide (dapat mengemban/menyampaikan cerita). (Mulyona, Agus, Dasar-dasar Sinematografi, 20-1-2014)

Desain interior dikhususkan untuk menjelaskan sejarah dan proses dari tahapan sinematografi. Perancangan disesuaikan dengan  UU Republik Indonesia nomor 11 tahun 2010 sebagai bangunan cagar budaya. Desain yang fokus pada •Area Baca •Ruang Pameran •Lobi. Interior memudahkan pengunjung mengikuti alur cerita yang dipajang pada museum. Area pameran diplot alur yang tidak memiliki persipanagan, seperti alur pada film saat menonton di bioskop. Memiliki area gelap dan area terang. Menggunakan jendela dari gaya arsitektur kolonial. Adapun tempat duduk berbentuk tangga menggambarkan step/proses dari produksi film.

Bangunan arsitektur yang digunakan sebagai Museum Sinemetografi ini merupakan bangunan galeri nasional merupakan bangunana yang dibangun pada era kolonial. Dengan bentuk yang khas dari gaya kolonial adalah bentuk bentuk geometris. (SJ, HEUKEN .A, 2016)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close