People Innovation Excellence

PERANCANGAN INTERIOR PUSAT TARI BALET SUMBER CIPTA

GHINA RAHMATUNNISA 1801443933

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2018

Balet merupakan bentuk kesenian tari internasional. Balet di Indonesia, khususnya di Jakarta berkembang cukup menjanjikan, ditandai banyak bermunculan sekolah balet. Sekolah balerina memiliki studio balet serupa studio senam. Begitu pula dengan Pusat Tari Balet Sumber Cipta. Sekolah informal ini menjadi sarana kumpul dan pentas komunitas balerina. Sekolah Pendidikan Tari Sumber Cipta didirikan tahun 1976 oleh Farida Oetoyo. Farida Oetoyo merupakan lulusan dari Akademi Balet Bolshoi Moskow, Rusia. Beliau lulus dengan gelar ‘Artist of Ballerina’ dengan nilai terbaik.

Konsep dari pusat tari balet ini adalah Tranquility at Swan Lake, dengan gerakan salah satu teknik balet memutar (pointe dan allegro) dengan cara penuh ketenangan dan lemah lembut. Swanlake dianggap sebagia seri terakhir dari kejayaan balet di Rusia pada abad ke 19, dimana ballet tengah mencapai puncak keemasannya pada zaman Renaissance. Dengan menari balet, dapat menciptakan susasana yang gembira namun tetap tenang.

Menari memerlukan gerakan yang energik namun menari balet juga mempunyai sisi anggun yang indah, pergerakan dalam tari balet menginspirasi untuk membuat ruangan yang memprentasikan dari gerak itu sendiri. Dengan citra ruang yang baik dan cocok akan membuat tarian lebih bermakna. Bentuk dasar yang digunakan pada perancangan ini adalah bentuk organik. Bentuk organik diambil dari bentuk sayap angsa yang berlapis-lapis dan teknik dari tarian balet, yaitu pointe dan allegro.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close