FELICIA PRICILA TUNGGAL 1801397492

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2018

Merancang interior Sekolah Taman Kanak-Kanak sangat menyenangkan. Berinteraksi dengan anak-anak usia dini melalui kegiatan sederhana, permainan, mengulang-ulang bercerita dan bersenda-gurau. Anak-anak usia dini membutuhkan ruang memadai sebagai kelas mereka di TK. Mereka tidak membutuhkan ragam perabotan, melainkan alat peraga materi, alat permainan serta kursi-meja-rak penyimpanan alat.

Suasana interior kelas dibuat guna merangsang perkembangan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik anak. Konsep perancangan TK Sang Timur yaitu ‘shaping dreams‘-membebaskan anak-anak untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas mereka. Masa TK merupakan pendidikan awal yang berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Anak-anak menjadi pribadi yang kreatif hingga dewasa.

Mengambil inspirasi dari sebuah tempat wisata Petite France “The Little Prince” yang berlokasi di Korea Selatan. Warna-warna yang ceria sekaligus melembutkan perasaan adalah pengikat interiornya. Sementara  warna-warna rumah yang ada di Petite France dituangkan pada dinding dan furnitur ruang kelas. Drop ceiling melengkung memanjang menjadikan penerangan dalam kelas terang dan tidak silau.