People Innovation Excellence

Guest Lecture Green Design Class by Yu Sing

Rekontekstualisasi Nusantara

Green Design Class Binusian 2021

11 April 2019, Binus University- Auditorium Anggrek Campus

Jurusan Desain Interior BINUS University, Jakarta, kembali menggelar Guest Lecture yaitu perkuliahan disampaikan oleh dosen tamu. Dosen tamu adalah praktisi di ranah profesional desain interior dan arsitektur. Program ini diperuntukkan kepada mahasiswa bagi pengkayaan wawasan profesi yang rutin diadakan oleh Jurusan Desain Interior .

Acara kali ini bertajuk Rekontekstualisasi Nusantara menghadirkan seorang Arsitek; Bapak Yu Sing dan Ibu Octaviana Rombe sebagai Dosen Pengampu kelas Green Design. Keduanya mempresentasikan materi yaitu konteks ruang serta korelasinya pada bentuk–bentuk arsitektural. Acara ini dibuka oleh Ibu Siti Chadijah sebagai Moderator.

Bapak Yu Sing dikenal sebagai arsitek Indonesia yang populer melalui rancangan bangunan berikut interiornya yang ramah lingkungan. Karya-karyanya konsisten bernafaskan kearifan lokal budaya dan tradisi Nusantara, termasuk memahami keadaan alam Indonesia. Dalam kesempatan ini Pak Yu Sing berbagi pengalaman dan perspektif sebagai arsitek yang menaruh perhatian pada ruang–ruang sosial dalam konteks tradisi sekaligus kontemporer melalui karya–karyanya sejak 2008.

Pak Yu Sing banyak menulis artikel dan terjun langsung dalam perancangan rumah murah. Di samping itu melalui Studio Akanoma (Akar Anomali), beliau mendirikan wadah untuk membuat rancang-bangun yang berakar pada lokalitas. Pada presentasinya kepada para mahasiswa BINUS University, Pak Yu Sing memberi gambaran dunia boga sebagai bahan kajian bagaimana meramu konteks lokalitas tersebut dengan kebutuhan masa kini. Dalam diskusi, terlihat antusias mahasiswa menggali korelasi ruang dari pengalaman sang arsitek sejak menimba ilmu arsiteknya di perguruan tinggi hingga menjadi seorang praktisi. Pada akhir sesi kelas ditutup dengan kesimpulan dari masing–masing pembicara dan foto bersama.

Penulis-Siti Chadijah

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close