Kerin Khairunisa Kenang 1801409454

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2018

Seni rupa kontemporer menjadi bagian dari dialog budaya yang menyangkut kerangka kontekstual yang lebih besar seperti identitas pribadi dan budaya, keluarga, komunitas, dan kebangsaan. Indonesia tidak luput dari perkembangan gaya seni ini.

Merancang interior Pusat Seni Rupa Kontemporer yang terletak di Jakarta dituntut untuk memiliki selera berkesenian yang berkelas. Area pamer merupakan ruang utama yang menjadi konsentrasi perancangan. Area ini memfasilitasi pemajangan beragam media dengan ukuran dan teknik berkarya para seniman kontemporer sekaligus tempat mengadakan workshop seni rupa bagi masyarakat umum peminat seni, di dalamnya.

Area pamer terbagi atas 3 yaitu Galeri, Workshop Anak dan Workshop Lukis. Ketiganya dianggap memiliki keunikan yaitu entitas yang luwes menerima hal baru (dalam hal ini seni rupa) dan terbuka akan kebaruan. Sehingga konsep perancangan bersemangat entitas adaptif, yaitu keunikan yang merespon jaman dalam seni rupa baru. KETIGA  ruang tersebut bernuansa putih dengan permainan geometris dan warna hanya pada langit-langit, sementara lantai dilapisi parket dan karpet untuk memberikan ruangan yang hening dan fokus menikmati karya seni rupa kontemporer.