KEGIATAN KERJASAMA DOSEN INTERIOR BINUS DENGAN KOMUNITAS WASTRA NUSANTARA

Dosen Desain Interior Binus University, Sri Rachmayanti, M.Ds., aktif menulis artikel. Selengkapnya kegiatan Dosen Desain Interior 2019 ditulis oleh Sri Rachmayanti, M.Ds. (sri.rachmayanti@binus.ac.id).

Kegiatan dilakukan pada tanggal 29 Juni 2019 di Museum Tekstil – Tanah Abang – Jakarta Pusat. Kegiatan ini bekerjasama dengan Komunitas Wastra Nusantara.

Komunitas ini merupakan komunitas pencinta wastra (kain Nusantara) Indonesia maupun komunitas pecinta wastra lainnya merupakan dampak yang sangat baik bagi keberlangsungan nyawa Wastra Nusantara. Komunitas ini juga melakukan pembinaan-pembinaan pada pentenun dan perajin wastra yang saat ini sudah memperlihatkan perkembangan yang menggembirakan. Dengan semakin banyak pihak yang mau menoleh dan terjun langsung mendampingi para perajin di berbagai pelosok Indonesia, keberlangsungan wastra nusantara semakin menjanjikan.

Kegiatan kerjasama ini, selain memberikan wawasan tentang  Wastra Nusantara juga dilakukan pelatihan memakai kain tradisional dengan cara praktis. Peserta dari kegiatan ini dari umum, dari komunitas Wastra Nusantara dan dosen-dosen Binus Jurusan Desain Interior.

Ibu Poppy dari Wastra, memberikan pengarahan dan semua peserta mempraktekan beberapa cara penggunaan kain batik tradisional. Teknik pemakaian kain dengan cara melilit dan mengikat. Beberapa contoh hasil pemakaian kain dapat dilihat pada foto-foto di bawah ini.