Opening Speech

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, salam sejahtera untuk kita semua

Yang saya hormati Bapak Ibu, rekan rekan, tamu undangan yang telah hadir di acara pembukaan DESIGN PLUS Virtual Exhibiiton yang diselenggarakan secara daring melalui microsite khusus mulai tanggal 30 April – 30 Mei 2021.

Pertama tama ingin saya ucapkan terima kasih dan selamat kepada seluruh peserta workshop lintas keilmuan desain, perwakilan dari 4 universitas, yaitu Universitas Pelita Harapan, Institut Kesenian Jakarta, Universitas Gunadarma dan Binus University Jakarta, Bandung, dan Malang) yang telah mengikuti program workshop dengan coaching sejak tanggal 26 Maret-7 April 2021 yang hasil karyanya juga telah mendapat review dari para reviewer/curator di akhir program.

Saya juga ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan Industri, Sdri. Dian Suri dari Kunang Jewelry, Sdri. Mayang Risita dari Studio Arunika dan Sdr. Mendy Laoda dari Mortie sebagai tim coaching tang yang sudah meluangkan waktunya membagikan wawasan, pengalaman dan pengetahuannya sesuai dengan bidang keahliannya, yang saya yakin akan bermanfaat untuk kita semua peserta

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada tim kurator, Ibu Rina Renville selaku Chairman of HDII DKI Jakarta, Bpk. M.Taufaniari dari ROA Handwoven dan Bpk. Mostafa Mohamed, Senior Lecturer at Republic Polytechnic, Singapore.

Kegiatan yang baik ini merupakan bentuk kepedulian kita selaku akademisi dan pelaku ekonomi kreatif terhadap peningkatan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia khususnya di keilmuan desain, sekaligus wujud nyata kepedulian kita terhadap lingkungan dimana karya yang dihasilkan merupakan produk hasil rancangan yang menggunakan material limbah di lingkungan kampus sehingga menghasilkan inovasi yang solusif dan membuka kemungkinan kolaborasi yang lebih luas.

Tidak lupa saya sampaikan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara yang terlibat, dan Program Studi Design Interior School of Design Binus University sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, dan menunjukan bahwa di tengah keterbatasan akibat pandemi yang masih berlangsung hingga kini tidak membatasi kita untuk tetap kreatif dan berkolaborasi untuk menghasilkan solusi dan kebaruan di bidang Desain.

Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua dan demi bangsa negara yang kita majukan bersama

Terima kasih, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Danendro Adi – Dekan School of Design, Binus University

30 April 2021

Salam Sehat dan Semangat Berkarya

Selamat kepada BINUS UNIVERSITY yang telah mengadakan acara DESIGN PLUS : Design and Environment yang diselenggarakan secara daring melalui microsite khusus mulai tanggal    30 April – 30 Mei 2021.

Kegiatan yang sangat strategis dimana terjadi kolaborasi dari tim peserta workshop lintas keilmuan desain yang merupakan perwakilan dari 4 universitas yaitu Universitas Pelita Harapan, Insitut Kesenian Jakarta, Universitas Gunadarma dan BINUS Jakarta, Bandung, Malang.

Perguruan tinggi sebagai Lembaga Pendidikan memiliki tugas pokok melaksanakan proses Pendidikan dan pengajaran, serta melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat adalah suatu Gerakan proses pemberdayaan diri untuk kepentingan masyarakat yang lebih baik.

Adapun kolaborasi dari para desainer lintas keilmuan (bidang seni dan desain) dengan adanya inisiatif baru terhadap pemanfaatan material limbah, diharapkan dapat menghasilkan karya yang bermanfaat pula bagi masyarakat dan berdampak positif bagi lingkungan.

Kami sangat bangga dengan kegiatan kreatif dan inovatif ini, sehingga dapat memberikan dampak positif dalam cara berfikir serta mengambil keputusan untuk menjadikan pribadi yang Tangguh dan Professional.

Semoga dengan dipamerkannya hasil karya ini dapat menggugah kesadaran kita semua betapa pentingnya pengolahan sampah ini menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk kita semua.

SUKSES DALAM BERKEGIATAN INI & SELAMAT BERPAMERAN

Drs. Rohadi, M.Sn., HDII

Ketua Umum HDII