People Innovation Excellence

Perpustakaan Mini di Rumah

Klinik Desain by Bintang Home/ Edisi 354/ April 2017

Dosen Desain Interior Binus University, A.A. Ayu Wulandari, Ssn, MA. aktif menjadi kontributor di Klinik Desain dari Bintang Home untuk selengkapnya anda dapat melihat artikelnya di dalam edisi 354 April 2017.

Buku adalah jendela dunia, dengan membaca Anda dapat melihat berbagai sisi lain dari dunia. Menyimpan koleksi buku di dalam rumah juga akan menunjukkan sisi lain sebagai pemilik rumah. Apakah Anda pencinta seni, olahraga, sosial ataupun politik? Semua akan tercermin dari koleksi buku Anda.

Perpustakaan mini di dalam rumah tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan koleksi buku. Tetapi juga sebagai tempat menghabiskan waktu berelaksasi dan membaca buku bersama keluarga. Juga dapat berfungsi sebagai elemen dekorasi sebuah ruang yang memberi kesan tersendiri. Dalam mendesain perpustakaan mini di rumah, Anda tidak perlu khawatir dengan luas hunian yang terbatas.

Bila tidak memiliki ruang kerja ataupun ruang khusus untuk menyimpan buku, koleksi tersebut dapat diletakkan di berbagai sudut ruang dengan memanfaatkan area-area yang tidak terpakai. Berikut beberapa area yang dapat dimanfaatkan sebagai perpustakaan dan area baca.

Area tangga, area bawah ataupun samping tangga biasanya merupakan area sulit untuk difungsikan karena sempit. Area ini dapat digunakan sebagai perpustakaan kecil dengan menambahkan rak-rak buku pada bagian bawah maupun samping anak tangga. Selain itu, dapat juga ditambahkan ruang duduk santai yang nyaman.

Area lorong rumah, biasanya juga merupakan ruang kosong dan sulit untuk diolah. Penambahan rak  buku pada salah satu sisi lorong atau bahkan pada kedua sisi lorong dapat dilakukan sebagai elemen dekorasi. Tapi juga untuk menciptakaan sebuah perpustakaan mini di rumah. Untuk menghilangkan kesan sempit pada lorong, dapat digunakan warnawarna ringan dan cerah.

Area sekitar jendela, jendela sudah pasti memiliki pencahayaan alami yang sangat baik. Di area ini sangat cocok untuk dijadikan ruang membaca dan penyimpanan koleksi buku.

Buatlah rak pada sisi kanan, kiri atau bawah jendela dan jangan lupa tambahkan juga area duduk atau window seat yang nyaman dan cantik.

Selain pada area-area tersebut, perpustakaan mini juga dapat menjadi bagian dari ruang keluarga, kamar tidur atau ruang makan. Berikut beberapa langkah mudah dalam perancangan perpustakaan mini dalam rumah.

  • Pilihlah salah satu sisi dinding yang akan digunakan untuk meletakkan rak buku. Dinding ini sebaiknya memiliki area sirkulasi yang baik untuk Anda mengambil dan mengembalikan buku. Rancang atau pilih rak dengan warna netral, putih, coklat atau hitam dan bentuk yang menarik sesuai dengan kebutuhan.
  • Sediakan tempat duduk yang nyaman untuk membaca, seperti sofa atau untuk anak-anak dapat disediakan karpet dengan bantal-bantal kecil sebagai alas duduk.
  • Aturlah buku berdasarkan kategori dan alphabet seperti layaknya diperpustakaan, namun Anda juga dapat bereksperimen dengan mengatur buku berdasarkan warna untuk membuat tampilan rak buku lebih menarik. Tambahkan juga beberapa aksesori seperti pajangan kecil atau vas bunga untuk mempercantik rak buku.
  • Sediakan pencahayaan yang berkualitas dan cukup untuk membaca. Pencahayaan alami sangat dianjurkan, namun dapat pula dibantu dengan pencahayaan buatan yang cukup untuk digunakan membaca selama berjam-jam. Anda juga dapat menambahkan penerangan aksen pada rak buku atau area membaca.

Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close