Klinik Desain by Bintang Home/ Edisi 352/ Maret 2017

Dosen Desain Interior Binus University, Sri Rachmayantii, S.Sn., M.Ds. aktif menjadi kontributor di Klinik Desain dari Bintang Home untuk selengkapnya anda dapat melihat artikelnya di dalam edisi 352 Maret 2017.

Sentuhan unfinished pada interior merupakan pilihan desain yang kerap digunakan saat ini. Ciri khasnya, tidak menggunakan finishing akhir. Sebagai contoh, material asli seperti batu bata ekspos. Penggunaan material tanpa finishing akan menciptakan suasana ruang yang natural.

Bata ekspos adalah susunan batu bata pada dinding dengan dibiarkan polos tanpa plester dan aci. Dengan begitu, akan terekspos karakter bata, baik berupa warna, tekstur, dan bentuk. Susunan batu bata jika disusun dengan benar dan rapi, hasilnya akan menghadirkan suasana natural sekaligus eksotis.

Proses pemasangan batu bata dapat disusun secara konvensional, atau dapat pula dikombinasikan, sehingga tercipta tekstur unik dari material tersebut. Dalam memilih batu bata, sebaiknya yang berukuran seragam, dan pastikan yang dipasang masih utuh, tidak retak atau pecah. Untuk penggunaan batu bata ekspos pada luar ruangan, finishing akhir sebaiknya diberi coating anti jamur dan anti lumut. Pemasangan dan proses batu bata ekspos juga dapat diaplikasikan pada batu alam lainnya.

Tren bangunan bergaya industrial sedang digemari. Desain seperti ini menggunakan furnitur bergaya rustic, menggunakan unfinished material (yang mentah dan belum di-finishing). Selain gaya industrial, bila ingin memberi kesan natural dan alami, penataan interior dengan konsep unfinish juga sangat cocok diaplikasikan. Furnitur yang baik untuk ruangan berdinding bata ekspos, dengan menggunakan finishing berwarna terang.

Selain bata ekspos, dikenal pula furnitur ekspos di mana proses akhir dari pembuatan furnitur dengan tidak melakukan finishing pada permukaan kayu yang telah jadi. Bentuk-bentuk seperti kayu asli, kulit kayu, kayu bermata, kayu cacat justru menjadi daya tarik dan membuat kesan alami.

berikut trik dan tips:

  1. Kayu unfinished bernuansa terang, menambah kesan natural dalam ruangan.
  2. Bata ekspos unfinished dengan pola tekstur pemasangan konvensional.
  3. Bata ekspos dengan pola tekstur pemasangan yang unik.
  4. Batu alam ekspos yang difungsikan sebagai meja counter.
  5. Batu alam ekspos yang diaplikasikan pada dinding ruangan.
  6. Kayu ekspos memperlihatkan permukaan kulit kayu yang kasar, terlihat nuansa natural terlebih dengan bantuan sorotan lampu.