People Innovation Excellence

The Local Emphasis of Nautica

Studio Desain by Bintang Home/ Edisi 355/ April 2017

Alumni Desain Interior Binus University, Jessica Bernadetta S.,S.Ds. kali ini sebagai kontributor kolom Studio Desain dari Bintang Home edisi 355 April 2017.Merancang interior yang memiliki perpaduan gaya antara elemen ‘chick’ dan ‘rustic’ pada sebuah rumah sementara atau disebut villa dapat memberikan rasa nyaman, cozy, dan rileks. Dekorasi nautical memiliki dasar warna putih sebagai basisnya dan aksen warna biru. Poin spesial yang dirancang untuk mendukung konsep ini adalah penggunaan kayu dan motif lokal ‘unfinished’ pada beberapa dekorasi.  

Penekanan gaya Nautica dipilih pada konsep desain merupakan hal yang ‘fresh’ sehingga cocok untuk diterapkan. Pemilihan material yang bijak menentukan seberapa terlihat rustic atau natural rumah tersebut. Kombinasi dari ‘linen upholstery’ dengan warna-warna cerah seperti biru muda mengekspresikan gaya ini diciptakan. Terinspirasi dari “the New England beach house.” Gaya tersebut dirancang untuk menciptakan suasana rumah sehari-hari dengan color tone yang membuat rileks dan cocok jika digabungkan dengan warna earthtone. Penerapan desain dari luar negeri, lebih baik tetap menghargai kearifan lokal setempat. Hal ini terlihat pada area foyer yang mengajak kita melihat langsung motif kawung di dindingnya yang langsung menghadap pintu utama. Selain itu, pemakaian material kaca dengan warna tosca diaplikasikan pada bagian dinding dapur yang menambah kesan modern dan clean.Perawatannya pun akan mudah dibersihkan dan aman terkena air serta bahan masakan. Untuk dekorasi, penerapan warna asal dari Nautica itu sendiri, warna turunan biru dan hijau. Tujuannya agar mempersejuk ruangan dan cocok untuk menerima tamu. Kesan kaku dan serius akan tidak terlihat dari konsep tersebut, namun suasana positif dan menyenangkan yang timbul pada ambiance sehari-hari dalam rumah ini.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close