People Innovation Excellence

PERANCANGAN INTERIOR GALERI ALAT MUSIK TRADISIONAL KARAWITAN DI JAKARTA

Billy Tannuwijaya 1701 3144 95

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Perancangan interior Galeri Alat Musik Karawitan memiliki misi mulia demi menyelamatkan salah satu kesenian Jawa yang dimiliki Indonesia yang terancam punah. Galeri yang berlokasi di ibukota Jakarta menghimbau warga kota yang plural dari berbagai suku dan pulau yang berada di sana, tidak melulu mengajak keluarganya pergi ke mal dan bioskop. Jakarta sebagai etalase keberagaman Republik Indonesia membenahi galeri seni dan kebudayaan, museum-museum dan gedung-gedung kesenian bersejarahnya agar tampil modern, menarik dan canggih.

Konsep perancangan interior Galeri Alat Musik Karawitan adalah karawitan; berasal dari kata rawit  yaitu berliku-liku namun tetap indah. Galeri ini penuh dengan benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi, sehingga pengalaman suara diutamakan melalui sistem akustik yang tepat dan dipastikan tidak bercampur dan bergema di antara ruang di dalamnya.

Interior ruang pajang, auditorium, panel edukasi, ruang simulasi mengikuti pola dinding berliku. Dinding berliku membatasi ruang-ruang galeri berdasarkan peruntukkannya, meredam bunyi-bunyian yang berbeda di dalam,  serta memandu pengunjung menikmati keseluruhan tur Karawitan secara tertib dan mengalir.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close