People Innovation Excellence

PERANCANGAN INTERIOR SEKOLAH DASAR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DI JAKARTA

AISYAH MAYASAPHIRA 1701 3696 13

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Tujuan utama dari pendidikan dasar dengan model pembelajaran active learning adalah untuk membentuk anak yang tidak aktif menjadi aktif dalam belajar, bermain dan bersosialisasi, terampil, cekatan, percaya diri dan terbiasa mengatasi problematika melalui solusi jitu mengedepankan kepentingan bersama.

Kebersamaan ini mengingatkan Perancang  pada permainan kelereng. Permainan melalui biji gundu (kelereng) selalu beramai-ramai, penuh strategi, menyentil setelah membidik dan mengukur akurat beberapa posisi sebelumnya, dan kegembiraan bila bidikan mengenai sasaran berbuah manis mendapat biji gundu warna-warni sebagai bonus. Kalah-menang dirasakan lumrah. Sportif. Ikatan pertemanan terjalin semakin kuat.

Terinspirasi dari kelereng, perancangan interior sekolah mengambil bentuk dinamis dalam lingkaran, kurva, gelombang, bola untuk diterapkan pada semua elemen interior. Begitu pun warna-warni biji kelereng sebagai pita warna interior yang ceria. Bermain kelereng di luar ruang menjadi inspirasi interior ruang-ruang kelas agar seolah-olah terbuka. Ruang-ruang luas yang minim sekat, pemanfaatan pilar sebagai rak buku, pencahayaan matahari yang berlimpah dari bukaan banyak jendela, penghawaan yang sejuk  gabungan unit pendingin yang disembunyikan dan plafon yang tinggi.

Perancangan interior sekolah ini mendukung tumbuh-kembang kemampuan siswa menyerap dan memahami pelajaran yang disampaikan para pendidik melalui sensorik, motorik yang aktif yang merespon ruang sebagai arena bermain siswa.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close