People Innovation Excellence

PERANCANGAN INTERIOR GALERI SENI MUSIK ANGKLUNG DI JAKARTA

Levina 1701 2963 40

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Konsep perancangan interior bermuatan lokal“lalampahan wanci” berbahasa Sunda bermakna sebagai perjalanan pada suatu masa. Dalam kata ‘perjalanan’ terdapat 3 hal yang terkandung di dalamnya yaitu hilang, tetap dan berubah. Dalam perjalanannya sebagai alat musik tradisional, angklung mengalami 3 hal tersebut baik dalam segi bentuk, nada suara dan fungsi.

Ketiga hal tersebut mendasari perancangan interior ini demi bercerita bagaimana angklung menjadi bagian dalam kehidupan berbudaya masyarakat Jawa Barat dahulu, sekarang, hingga di masa yang akan datang melalui interior pada setiap area terutama area galeri.

Unsur seni musik dalam alat musik angklung diimplementasikan dan disederhanakan ke dalam bentuk perancangan interior. Nada dalam musik angklung terbagi atas nada pentatonis dan diatonis. Kedua nada tersebut saat dibunyikan menghasilkan irama yang lembut dan nada yang mengalir tak pernah putus dalam sebuah lagu. Maka terbentuklah ekspresi bentuk melengkung seperti ilustrasi di bawah ini.Sama halnya seperti suara yang dihasilkan angklung, alat musik angklung juga mempunyai bentuk yang unik , yaitu lurus tegas, vertikal, memberi kesan kuat.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close