People Innovation Excellence

PERANCANGAN INTERIOR SEKOLAH KHUSUS REMAJA KORBAN NARKOBA & REHABILITASI

Olivia Tamara Enciel 1701 3134 92

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Remaja yang terjebak dalam permasalahan narkoba biasanya harus putus sekolah pada saat menjalani rehabilitasi. Oleh karena itu pentingnya pembekalan ilmu bagi remaja yang menjalani rehabilitasi melatar-belakangi pendirian sekolah ini. Sebuah sekolah pengembangan minat dan bakat khusus mereka yang kehilangan masa remaja akibat penyalahgunaan obat yang menghancurkan harga diri.

Ruang-ruang tersedia dalam sekolah adalah ruang-ruang terapi narkoba, yaitu terapi medis (pendekatan biologis-fisiolagis), terapi komunitas (pendekatan perilaku), terapi Minnesota (pendekatan obat ketat), terapi elektrik (pendekatan spiritual), terapi tradisional (pendekatan herbal) dan terapi multi-disiplin (metode disiplin melibatkan fungsi keluarga). Dalam ruang-ruang terapi penyelenggaraan belajar-mengajar disisipkan. Remaja butuh motivasi untuk keluar dari masalah obat dengan pembekalan pendidikan.

Perancangan interior sekolah ini berkonsep meditasi. Interior mengacu pada galeri dan pusat meditasi mulai dari rumah ibadah hingga studio yoga yang menghormati alam sebagai falsafah hidup ketimuran. Keharmonisan warna hijau lumut dengan coklat muda dari kayu ditampilkan melalui interior, mulai dari langit-langit, partisi, lantai, furnitur, lampu dan dekorasi hingga ke sudut-sudut ruang. Irama yang pelan bersenandung tenang melalui pola ombak pada dinding-dinding luas. Suasana meditatif diperuntukkan bagi penenangan remaja yang senantiasa depresi dan kecewa pada dirinya. Suasana meditatif mendorong remaja yang mulai tenang melakukan rehabilitasi dan bersekolah secara sukarela.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close