TEMPLATE BTS HILDHA

Jumlah anak autisme di Jakarta semakin meningkat
setiap tahunnya, sedangkan jumlah sekolah autisme
yang memadai masih sangat terbatas. Tujuan penelitian
tugas akhir ini untuk merancang sekolah anak
berkebutuhan khusus autisme ditinjau dari aspek kebutuhan
fasilitas ruang, ergonomis ruang, jenis furniture,
serta ambience ruang yang mendukung sistem
pendidikan anak berkebutuhan khusus dalam belajar
agar tetap fokus dan kondusif. Pemilihan material, furniture
serta warna ambience ruang lebih di fokuskan
pada aspek fungsional, keamanan dan kenyamanan
bagi anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ambience
ruang pada sekolah berkebutuhan khusus autisme
sebagian besar menggunakan warna-warna
netral sehubungan dengan perilaku anak autisme
yang hiperaktif dengan tujuan agar tidak menstimulan
anak. Dengan adanya studi observasi dan literatur
tersebut diharapkan dapat memfasilitasi anak autisme
untuk mendapatkan hak yang sama di bidang pendidikan.