Dosen Desain Interior Binus University, Ulli Aulia Ruki S.Sn, M.Sc, aktif menjadi Kontributor Klinik Desain dari Bintang Home. Selengkapnya anda dapat membaca artikel di dalam edisi 339 | September 2016.

KAMAR MANDI MUNGIL YANG FUNGSIONAL

Luasan rumah yang terbatas seharusnya tidak mengurangi fungsi ruangan di dalamnya. Salah satu ruangan yang terpengaruh adalah kamar mandi. Ada beberapa desain rumah beralih dengan tipe kamar mandi yang tidak menggunakan bak sebagai tempat penampungan air. Hal ini menjadikannya lebih mudah kering. Kamar mandi dengan shower dirasakan lebih hemat air dibandingkan dengan bathtub.

Kamar mandi dapat dibagi menjadi dua, yaitu area basah dan kering. Desain pada area basah dapat dilakukan dengan penggunaan box shower atau bathtub. Keramik pada area basah dipilih yang bertekstur agar tidak licin. Untuk desain area kering dapat dilakukan pada bagian toilet dan wastafel. Aktivitas di area ini menggunakan air terbatas tidak sampai seluruh tubuh, sehingga memungkinkan untuk menambah lemari ataupun rak built in sebagai penyimpanan sabun, pasta gigi, handuk, dan alat mandi lainnya.

Berikut tip dalam memaksimalkan fungsi di dalam kamar mandi mungil.

  • Menambahkan area penyimpanan dan memilih wastafel berukuran kecil. Penambahan area penyimpanan dengan membuat lemari di atas wastafel ini dimaksudkan untuk menampung keperluan penyimpanan sabun, shampo serta alat mandi lainnya. Selain di atas wastafel, rak penyimpanan dapat ditambahkan di atas dudukan toilet yang dilengkapi dengan keranjang agar terlihat rapi dan menarik.
  • Menggunakan cermin over size dan sentuhan warna terang.
    Dengan menambahkan cermin besar, kesan ruang akan menjadi lebih luas. Pemilihan warna terang juga dapat membuat kamar mandi terasa luas. Dengan meminimalkan perpaduan warna tidak lebih dari tiga, membantu ruangan terlihat lebih rapi. Warna keramik dan dinding berwarna cerah sebagai aksen dalam ruangan. Penambahan aksesori bingkai lukisan, handuk, dan hanger yang juga cerah dapat menambah suasana ruang terlihat segar.
  • Menggabungkan fungsi kamar mandi dengan area cuci Dikarenakan area yang terbatas, area cuci dimungkinkan bergabung dengan kamar mandi. Hal ini dimaksudkan untuk menghemat ruang dan pemakaian jalur air besih dan kotor dapat dipakai bersama.

KAMAR MANDI MUNGIL