Studio Desain by Bintang Home /Edisi 352/ Maret 2017

Mahasiswa tingkat akhir Desain Interior Binus University, Avilla Adisty Putri, kali ini menyumbangkan pemikirannya atas rancangan interior dan furnitur yang dimuat kolom Studio Desain dari Bintang Home. Selengkapnya anda dapat melihat artikel di dalam edisi 352 Maret 2017.

Kehangatan dan kenyamanan di kamar tidur menjadi hal yang penting. Seperti kamar tidur hasil desain Avilla Adisty Putri, dengan konsep Jepang, Omotenashi, berarti keramahtamahan atau layanan sepenuh hati kepada para tamu atau penggunanya. Konsep tersebut diterapkan pada layout ruang, penggunaan warna, dan desain furnitur.

Kamar tidur ini terdiri dari beberapa area, diantaranya area tidur, santai, membaca, dan berpakaian. Area tidur dibuat lebih tinggi dari yang lain, memberikan kenyaman ekstra bagi penggunanya, menunjukkan bahwa ruang tidur merupakan bagian paling penting dan privat. Area ini dibatasi sekat atau partisi dengan area santai. Pada area membaca dengan area santai
letaknya bersebelahan, namun dibedakan melalui material lantai yang digunakan. Pemilihan warnanya adalah warna-warna netral untuk menciptakan suasana kamar yang hangat dan tenang. Diantaranya gradasi abu-abu, coklat, hitam, dan putih. Untuk memberikan kesan relaksasi, dipilih pencahayaan berwarna kuning, senada dengan konsep Omotenashi yang menitik beratkan pada kehangatan.

Pedoman Omotenashi dan gaya modern diterapkan pada furnitur yang didesain khusus pada area membaca, berupa kursi dan meja [GAMI-set]. Desain diadopsi dari seni melipat kertas khas Jepang, yaitu Origami. Bentukan serta proses pembuatannya pun menggunakan teknik lipatan kertas origami. Menggunakan material solid wood dan plywood dengan finishing warna coklat salak, serta upholstery warna biru navy, membuatnya terlihat elegan dan modern.