Billy Tannuwijaya 1701 3144 95

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Perancangan interior Galeri Alat Musik Karawitan memiliki misi mulia demi menyelamatkan salah satu kesenian Jawa yang dimiliki Indonesia yang terancam punah. Galeri yang berlokasi di ibukota Jakarta menghimbau warga kota yang plural dari berbagai suku dan pulau yang berada di sana, tidak melulu mengajak keluarganya pergi ke mal dan bioskop. Jakarta sebagai etalase keberagaman Republik Indonesia membenahi galeri seni dan kebudayaan, museum-museum dan gedung-gedung kesenian bersejarahnya agar tampil modern, menarik dan canggih.

Konsep perancangan interior Galeri Alat Musik Karawitan adalah karawitan; berasal dari kata rawit  yaitu berliku-liku namun tetap indah. Galeri ini penuh dengan benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi, sehingga pengalaman suara diutamakan melalui sistem akustik yang tepat dan dipastikan tidak bercampur dan bergema di antara ruang di dalamnya.

Interior ruang pajang, auditorium, panel edukasi, ruang simulasi mengikuti pola dinding berliku. Dinding berliku membatasi ruang-ruang galeri berdasarkan peruntukkannya, meredam bunyi-bunyian yang berbeda di dalam,  serta memandu pengunjung menikmati keseluruhan tur Karawitan secara tertib dan mengalir.