Bella Belinda 1701 3018 64

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Sport club merupakan salah satu tempat penyedia fasilitas olahraga yang biasanya dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti kafé yang umum serta yang khusus kebutuhan pengunjung dari kalangan yang berbeda, perancangan ini menyediakan fasilitas penunjang seperti meeting room, restaurant, bar, proshop, dan kids room.

Setiap area yang ada dalam sebuah sport club memiliki fungsi dan kebutuhan yang berbeda-beda, seperti tidak licin, elastis, tahan terhadap benturan, dan perawatannya mudah. Oleh karena itu, pemilihan penggunaan material juga harus berbeda sesuai dengan fungsi dan kebutuhan pada setiap area tersebut.

Fasilitas olahraga pada sport club tersebar pada banyak area sehingga sirkulasi dan organisasi ruang perlu dipertimbangkan dengan baik untuk menghindari orang tersesat di dalamnya dan agar pemanfaatan ruang lebih efisien. Sirkulasi utama harus dibuat cukup lebar dan clear agar pengguna secara sadar maupun tidak sadar bisa mengetahui jalur mana yang harus diambil. Kedekatan antar ruang juga harus dipertimbangkan seperti pada area kolam renang dan gym sebaiknya ditempatkan dekat dengan ruang loker.

Sport club ini dirancang dengan konsep a space to take a breath yang terinspirasi dari kegiatan taman dengan mengusung unsur-unsur natural di mana taman merupakan salah satu alternatif ruang hijau perkotaan yang dipercaya vegetasi pada taman dapat mengurangi polusi udara. Selain itu, sport club menerapkan material yang ramah lingkungan, memaksimalkan penggunaan pencahayaan dan penghawaan alami, menggunakan lampu hemat energi guna mengurangi pengunaan listrik berlebih, serta penerapan tanaman penghijauan pada beberapa ruangan untuk menyerap CO2.