Esther Carolina Anggawijaya 1701 3128 61

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Galeri Seni Musik Tradisional Jawa Tengah ini merupakan galeri seni musik yang memamerkan berbagai alat musik gamelan yang didesain dengan konsep yang lebih modern namun tetap mengusung unsur etnik Jawa di dalam perancangan galeri ini sehingga pengunjung juga dapat merasakan ambience Jawa Tengah pada ruangan galeri dipadukan dengan konsep interior yang modern.

Konsep perancangan interior Galeri Seni Musik Tradisional Jawa Tengah mengangkat nilai cara hidup masyarakat jawa yang harmonis‘selaras nada ing pangesangan’terinspirasi dari instrumen musik gamelan. Kata Gamelan dari bahasa Jawa yaitu gamel yang berarti memukul dan menabuh diikuti akhiran –an yang menjadikannya kata benda. Perangkat musik gamelan terdiri dari beberapa alat musik pukul yang dimainkan bersama. Gamelan adalah akronim dari kata berbahasa Jawa yaitu G untuk Gusti , A untuk Allah, M untuk maringi atau memberi, E untuk emut atau ingat, L untuk Lakonono atau jalankan, A untuk ajaran, dan N untuk Nabi.

Warna interior galeri yang menjadi aksen utama adalah warna emas yang melambangkan keagungan diambil dari warna tembaga gamelan yang terdiri atas kendhang, gong, bonang, penembung, penerus, saron, gambang dan suling.