Fitriyana Dinalta 1701 3365 52

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSAB) Buah Hati dikhususkan untuk memberikan pelayanan medis terhadap segala hal yang berhubungan dengan bidang Obstetri dan Ginekologi fokus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Selain kegiatan medis, juga ada kegiatan non medis  di RSAB Buah Hati antara lain; kegiatan administratif meliputi kegiatan pendaftaran pasien, mendata keluhan dan penyakit pasien, serta laporan perkembangan pasien,  kemudian kegiatan rawat-inap yaitu unit perawatan inap beserta seluruh pendukungnya seperti laboratorium, UGD, ruang bersalin, dsb.

Berdasarkan buku Achitectur Landscape (Simond, 1961) karakter ruang yang direncanakan secara khusus untuk menimbulkan respon emosi serta psikologis yang dikehendaki guna mengurangi beban psikologis pasien, penyembuhan ini bisa menggunakan terapi visual yang antara lain warna, bentuk, tekstur, skala serta layout ruang. Terapi visual ini bisa menimbulkan efek psikologi ketenangan, kenyamanan dan keakraban. Demi menciptakan hal tersebut, konsep perancangan interior homey, clean and fresh di mana pesona interior tampil dalam  suasana rumah tingggal yang santai, hangat, nyaman dan familiar.